Bolehkah Kulukis Pelangi Di Matamu, Dengan Insto Dry Eyes?

Insto Dry Eyes

Ada pelangi di bola matamu… Dan memaksa diri.. Tuk bilang… Aku sayang padamu….

Coba ingat gak lagu ini? Ah mendendangkan lagu lawas dari Jamrud ini, saya jadi teringat dengan sang mantan nih.

Ini bukan curhat sih! Hanya ingin mengatakan, jika dahulu, ternyata gegara mata yang indah, menjadi alasan saya untuk jatuh cinta kepada mereka –aallah—

Hemm,  benar juga kata orang tua dahulu sih, jika datangnya cinta itu dari mata terus jatuh ke hati.

Terus jika merasa mata kering, mata sepet, mata gatal, mata perih, mata lelah jalan cintanya bakal bisa macet dong! Aha, soal ini, gak usah serius lah, anggap saja intermezo ya!

Sederhananya, saya hanya ingin mengatakan jika mata adalah organ penting yang harus kita pelihara kesehatannya mulai dini.

Karena dengan mata yang sehat tentu saja akan mendukung keseharian kita mulai dari belajar, berkarir di dunia pekerjaan sampai ya tadi urusan perjodohan.

Sebegitu pentingnya peran mata kita kan? Tapi harus diakui kita juga pasti sering mengabaikannya sih! Contoh kecil saja, buat kamu yang baru lagi jadian.

ketika kita lagi kangen-kangenan, memandang foto atau sedang video-call di layar HP dengan yayang berlama-lama tanpa jeda kedipan mata saja, bisa jadi buat mata kita jadi mudah kering!

Eh, bicara soal mata lagi, kita memang harus lebih serius nih, karena problem mata kering selalu saja kita rasakan tanpa sadar, dan kita sering acuh kan,! Lalu akibatnya bisa mempengaruhi fungsi mata kita secara maksimal!

Nah, tapi saya yakin semua orang pasti punya cerita dan merasakan mata kering, meski tanpa kita sadari.

Singkatnya, kondisi yang terjadi pada saat  kita merasakan mata kering itu, kondisi dimana mata kita tidak mendapatkan pelumasan yang cukup oleh air mata produksi mata kita.

Sadar gak jika kita pasti pernah merasakan mata menjadi gatal, perih, atau pegel-kan? Lalu, jalan pintasnya apa?

Pasti hanya dikucek-kucekin saja dan menganggap semuanya beres! Padahal? Nah penasaran kan? yuk dibaca terus ya!

Yuk kenali mata kering itu!

Baiklah, biarkan saya bercerita dulu nih soal mata kering yang pernah saya alami. Baru selanjutnya bagian kamu ya!

Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya, jika menyepelekan kondisi mata kering bisa membuat mata saya –mata kiri-  mendapat perawatan serius dokter mata lho.

Kondisi Mata kering bisa diartikan kondisi mata dimana tidak memadai untuk mendapatkan pelumasan air mata alami dengan cukup.

Akibatnya, debu atau benda asing yang menempel di mata tidak segera bisa dibersihkan dengan air mata, dan debu atau benda asing tadi bisa menggangu kinerja mata, dengan maksimal.

Dan pastinya membuat mata kita terasa tidak nyaman, seperti pegel, sepet dan gatal tadi.

Ceritanya nih, sekira tahun 2015 lalu deh, ketika saya merasakan sangat aktif sekali berhadapan di layar komputer dengan berbagai software design.

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Tentu saja pekerjaan nge-design ini memakan waktu dan harus menjaga fokus yang ekstra.

Sehingga saya bisa berhadapan dengan layar komputer berdurasi 10 jam sehari, dan hanya ditemani dengan segelas teh dan pisang goreng. Bisa tahan duduk tanpa jeda sama sekali –jika sudah asik-

Awalnya sih, matanya terasa pegel, susah sekali dibuka, dan terasa perih! Karena mata memang harus  dipaksa terbuka dan fokus untuk memperhatikan arah mouse komputer di layarnya, sehingga durasi kedipan mata menjadi jarang.

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Dan itulah, biang awal yang menyebabkan mata kering, yang saya rasakan. Mendapati perasaan tidak nyaman saat itu, bisanya saya alihkan dengan berjalan keluar ruangan.

Jika kita melihat banyak penulis, designer atau ahli IT beken selalu saja identik dengan penggunaan kacamata tebal-nya kan?

Namun yang jelas itu bukan saya lho! Saya melakukan proses pekerjaan berhadap-hadapan di layar komputer awalnya tanpa  kacamata apa-pun sih.

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Dan di keluarga saya juga tidak memiliki keturunan ber-kacamata. Artinya saya yakin sekali, dan bersukur sekali diberi mata saya sehat dan normal, sebelumnya.

Berjalannya waktu, usia, dan kebiasaan saya yang tidak peka dengan kondisi mata itu, akhirnya mata kiri saya menjadi sangat mudah lelah dan tidak fokus lama berhadapan di layar komputer.

Dan puncaknya di tahun 2018 ketika saya memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter mata di rumah sakit mata modern  satu-satunya di kota Samarinda .

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Hasilnya saya harus berkonsultasi kembali dan dirujuk di rumah sakit di pulau jawa untuk tindakan lebih lanjut. Pasalnya ada gejala konjungtivitis pada mata sebelah kiri saya.

Hal tersebut dikarenakan tenaga dokter mata yang menangani gejala ini belum tersedia di Rumah sakit mata di Pulau Kalimantan.

Ya sudah demi kesehatan dan kesembuhan mata ini, ya saya akhirnya harus menjalani operasi untuk menormalkan kembali fungsi mata kiri saya pada salah satu Rumah sakit mata di kota Yogyakarta.

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Harapannya, dengan operasi itu dapat membuka sumbatan saluran pembuangan air mata secara permanen. Sehingga permukaan mata akan selalu lembab.

Intropeksi diri

Pasca operasi, saya mencoba menuruti saran dokter untuk memperhatikan kesehatan mata dengan banyak cara.

Pertama, utamanya memperhatikan fokus mata agar tidak terlalu tegang dan menyediakan durasi kedipan mata secara porsional ketika menatap layar komputer.

Kedua ada beberapa saran dokter yang saya catat adalah agar saya selalu melidungi mata dari kondisi sekitar seperti cuaca berangin, panas, berasap atau berdebu.

Keetiga, mengatur lama kerja di depan layar komputer. Menjaga kebersihan mata menggunakan kompres hangat pada kelenjar di sekitar mata. Keempat, membersihkan kotoran atau minyak pada kelopak mata.

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Kelima, dan yang tidak kalah penting adalah asupan makanan harian seperti asupan asam omega -3 yang dapat memperbaiki kondisi mata kering. asupan gizi ini dapat diperoleh pada bebrapa jenis ikan, seperti makarel, tuna sardine dan salmon.

Dan terakhir, saya juga dibekali air mata buatan, untuk bisa diteteskan ketika mendapati dan merasakan mata kering tadi dengan segera.

Mencegah lebih baik daripada mengobati!

Hah, air mata buatan? Pasti bertanya-tanya tanya kan? Jangan-jangan air mata buaya! Jika itu jawabannya salah dong.

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Nah analogi air mata buatan ini, kita bisa kita bayangkan pada mata yang sehat, di mana kornea mata harusnya teraliri oleh air mata ketika setiap kali mata berkedip.

Kedipan itu juga berfungsi meyalurkan nutrisi kepada sel kornea mata dari lingkungan luar.

Jika dilihat air mata asli  yang diproduksi oleh mata kita merupakan senyawa dari lemak, air, lendir, serta 1500-an protein yang berfungsi membuat permukaan mata tetap halus, steril dari kuman infeksius.

Nah saat kelenjar mata berubah, maka permukaan luar mata yang bertugas meneruskan cahaya ke dalam mata terganggu.

Lalu timbulah rasa-rasa gimana gitu di mata kita seperti, mata merah, mata gatal, mata seperti berpasir dan kering, penglihatan buram, mata terasa cepat lelah, perih, pegal.

Dan oleh sebab itu, perlu sekali obat mata sebagai pelumas mata atau yang disebut air mata buatan, dalam bentuk tetes mata yang bisa kita dapatkan di apotik terdekat.

Nah tujuannya obat tetes dapat membantu melembabkan mata dan berfungsi sebagai pengganti air mata yang defisit di mata kita.

Bye mata kering  dengan tetesin Insto Dry Eyes Ah!

Obat mata Insto Dry Eyes bisa jadi alternative utama dalam pencegahan kondisi mata kering. Rahasianya ada pada kandungan Hydroxypropyl methylcellulose yang bisa menggantikan kekurangan air mata alami pada mata kita.

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan ketika merasakan gejala mata kering.

Saya juga sudah menggunakan obat tetas mata ini kok. Saya menggunakannya 1-2 kali pada kedua mata saya, setiap hari. Sehingga iritasi mata atau mata kering bukan lagi penghalang dalam menjalankan aktivitas harian.

Obat tetes mata Insto Dry Eyes ini tentu saja sudah menjadi jawaban semua orang ya, untuk membekali semua aktivitas hariannya –apa saja- dalam upaya pencegahan dan pengobatan mata kering yang sering kita abaikan.

Jika mata terasa sepet, perih, pegal dan gatal, ya jawabannya pasti itu adalah gejala mata kering. Dan hanya satu cara untuk mengatasinya, teteskan saja beberapa tetes di mata kita.

Insto Dry Eyes
Aal Arbi-wadai

Dan biarkan dia bekerja beberapa saat. Rasanya ya tentu saja, dingin menyegarkan.

Dan lihat lah setelah air mata buatan Insto Dry Eyes mengalir dan melumasi mata indah kita, biarkan dia bekerja beberapa saat.

Uuh tuhkan coba bercermin deh, pelangi nan indah akan terpancar  kembali di mata kita segera! –eyaaaa—

Bye mata kering!

2 tanggapan pada “Bolehkah Kulukis Pelangi Di Matamu, Dengan Insto Dry Eyes?”

Tinggalkan Balasan