Ini Lima Hal Mudah, Memaknai Demokrasi Sehat ala IDN App, Gaes!

Aplikasi IDN Times sangat pas disemat di Gawai kita

Akhirnya, Millenial harus rela menjalani pembelajaran daring akibat Pandemi ya? Namun Millenial tidak lantas mati gaya lho untuk terus bisa menggali informasi di mana pun, meski di rumah saja. Karena, bisa saja, mereka bisa terus aktif berbekal IDN App.

Nah berbekal banyak aplikasi baca berita di Gawai mereka, naluri Demokratis Millenial yang dapat mengangkut banyak ide-ide, aspirasi, dan kreasi akan selalu siap tumpah-ruah, dan semakin terasah kapan saja.

Pembuktiannya mudah! Lihat saja, banyak informasi aplikasi baca berita hingga Medsos di Gawai Millenial, sudah menjadikannya kekuatan dan referensi akurat dalam menyulut keberanian menggelar aksi Demonstrasi.

Semua hal tadi wujud mengekspresikan naluri Demokratis Millenial, dalam mengkritisi kebijakan Pemerintah, yang dirasa menyimpang.

Artinya, ya Ber-demokrasi lewat jalan Demonstrasi, sejak dahulu hingga kini, sudah menjadi model klasik yang normal menunjukkan kebenaran versi Millenial kan?

Namun, kita pasti pernah baca berita di banyak media. Jika tak jarang aksi Demonstrasi Millenial kini, selalu saja bepotensi menjadi Anarkistis. Artinya lagi, kualitas ber-demokrasi Millenial masih belum matang, dan terkesan ya hanya memaksakan kehendak mereka saja?

Demonstrasi Millenial beberapa pekan lalu I IDN Times
Demonstrasi Millenial beberapa pekan lalu I IDN Times

Nah memahami Demokrasi yang sehat tanpa Anarkistis. Millenial disarankan membudayakan aktivitas berliterasi? Yakni aktivitas gemar membaca utuh atas informasi valid, serta meresponnya lewat ide-ide non-verbal, salah satunya ya menulis.

Lewat kombinasi keduanya, akan menjadi cara termudah dan elegant bagi Millenial bisa menghamburkan segenap aspirasi kebenaran versi mereka tadi, kepada publik secara produktif.

Nah memahami proses itu, Millenial segera dapat memulainya kok lewat aplikasi baca berita IDN Media. Sudah install?  Yuk mari kita mulai saja, lima hal memaknai demokrasi sehat ala IDN App itu ya!

1. Aplikasi baca berita IDN selalu menyemburkan informasi sehat produktif

Beragam topik artikel dapat menjadi teman hangat Millenial selama di rumah saja I Dokumen Pribadi
Beragam topik artikel dapat menjadi teman hangat Millenial selama di rumah saja I Dokumen Pribadi

Nah, menemukan aplikasi berita terlengkap IDN App, bisa unduh dahulu, di Play Store, Gaes! Setelah terinstall, kita bisa segera lansung diajak berkenalan dengan mendaftarkan akun. Setelahnya ya log-in saja, dan kita sudah menjadi bagian IDN Community.

Selanjutnya, kita bisa memandang isi aplikasi IDN App sejenak. Dan jangan kaget, sesaat kita merasa menjadi orang terkaya, karena mampu mengantongi banyak informasi dari artikel terkini dari mana saja.

Koleksi artikelnya berasal banyak kategori, sebut saja News, Sport, Hype, Life, Food, Travel dan Busnis. Adapula kategori opini yang menyangkut isu terkini, serta  ada pula tulisan fiksinya.

Nah diantara banyak kategori tadi, akan ada minimal 3 kategori tulisan artikel yang menjadi target favorit kita.

Pemilihan tiga kategori ini beralasan, untuk memudahkan IDN App mengenal jenis artikel kesukaan kita dan menghantarkan artikel terbarunya, kapan saja, lewat Gawai kita.

Nah, muaranya, dari hadirnya jenis kategori favorit kita dan banyak kategori lainnya, aplikasi baca berita IDN akan bisa menjadi referensi kita. Dan lantas menyipta banyak ide lagi, guna memuluskan rencana Millenial hari ini secara positif.

Dan asiknya lagi, lewat satu IDN App, sepertinya sudah cukup meneropong luasnya dunia, dalam memetik informasi soal dinamika apa saja, yang sedang terjadi, detik ini ini jua, selama di rumah saja.

Semuanya menjadi mudah kan? Dengan hanya meng-klik ikon Home, serta ikon Explore yang berada di bawah layar Gawai kita.

Ikon penting yang terdapat di aplikasi IDN Times I Screen shoot
Ikon penting yang terdapat di aplikasi IDN Times I Screen shoot

Namun, jika kita masih belum ada waktu membukanya. Disana juga tersemat ikon notifikasi yang akan berguna mengingatkan tulisan artikel terbaru IDN Times, agar kita bisa melahapnya, nanti.

2. Aplikasi baca berita IDN memberikan ruang menulis yang produktif, upaya penyampai pendapat

Aplikasi IDN Times memberikan kemudahan untuk mengirimkan artikel kita segera I Dokumentasi Pribadi
Aplikasi IDN Times memberikan kemudahan untuk mengirimkan artikel kita segera I Dokumentasi Pribadi

Nah, setelah sekian lama menjadi pembaca IDN App, saya yakin Millenial terpanggil untuk ikut aktif menjadi bagian dari komunitas IDN .

Ya apalagi, untuk mencoba membagi ide dan gagasan apa saja sebagai sosok Millenial jaman now. Dan pastilah semua gagasan itu tadi, bisa ditumpahkan saja dalam bentuk tulisan artikel sederhana nan mudah dipahami.

Namun jangan berkata, “Saya takut, karena tidak bisa menulis” rasanya sungguh terlaaluu! Nah coba lihatlah dahulu layar Gawai di IDN App, sekali lagi, di sana terdapat Ikon Profil kan? Coba klik saja, dulu!

Akan ada informasi akun dan statistik yang menggambarkan produktivitas kita dalam upaya menulis di IDN App. Dan sekaligus terdapat pula informasi soal kompensasi poin yang didapat, dari produktivitas kita tadi.

Apa? Ini akan jadi stimulus lain bagi kita, untuk lekas menulis dan menulis lagi. Percaya tidak?

Screen shoot Aplikasi IDN Times
Screen shoot Aplikasi IDN App

Nah, coba scrool lagi ke bawah, masih di dashboard profil kamu, di sana akan ada ikon panduan menulis. Nah klik! Terbukalah informasi panduan kiat menulis gaya IDN Times yang terkenal stright to the point alias Listicle. Baca saja, pelan-pelan, dan pahami!

Dari banyak kategori tulisan itu, cobalah dulu salah satu kategori artikel yang kita kuasai, untuk memulai menulis artikel dengan gayamu sendiri.

Selanjutnya, ya kita lantas bisa mengirimkannya ke editor IDN Media, masih lewat Gawaimu itu, dengan mengklik ikon Plus di sana.

Berita terkini dari penjuru dunia bisa kita nikmati dalam satu aplikasi IDN Times I Dokumentasi Pribadi
Berita terkini dari penjuru dunia bisa kita nikmati dalam satu aplikasi IDN Times I Dokumentasi Pribadi

Percayalah, dari percobaan tulisan demi tulisanmu yang disubmit ke editor IDN , pasti adalah satu atau dua, yang bakal terbit dengan cepat.

Memeriksa keberhasilan terbitnya artikel kita, dengan mudah kita ketahui, dengan mengklik folder artikel terbit, yang masih juga berada di dashboard profile akun IDN App.

Selamat deh, jika artikel-artikelmu sudah terbit. Selanjutnya, kita juga akan mendapatkan poin atas artikel terbit tadi. Dan lekas bisa tukarkan poin tadi dalam bentuk apresiasi materi lho.

3. Aplikasi baca berita IDN memberikan proses berliterasi efektif dan mengajarkan esensi demokrasi yang hakiki

Setelah membaca IDN Times, impian kita tentu saja ingin menjadi verified Writer dengan segala keuntungannya kan?  I Dokumentasi Pribadi
Setelah membaca IDN Times, impian kita tentu saja ingin menjadi verified Writer dengan segala keuntungannya kan? I Dokumentasi Pribadi

Nah, akhirnya yakinlah! Jika kedua proses tadi, yakni membaca dan menulis di satu aplikasi berita terlengkap IDN App ini, berujung memberikan pelajaran berdemokrasi yang positif kan?

Dimana kita bisa terlatih dan terbiasa mendengar pendapat orang lain dalam aktivitas membaca artikel orang lain di sana.

Dan lalu bisa menyanggahnya bukan hanya dari kolom komentar saja. Namun dengan cara yang elegant, yakni ikut menulis artikel sendiri yang padat fakta dan data serta logika cerdas untuk menyatakan pendapat Pro atau malah kontra atas isu yang sedang hangat.

Artinya, jika kedua proses ini menjadi budaya Millenial, bisa saja lambat laun akan menyipta iklim Demokrasi sehat, tanpa Anarkistis yang merugikan orang banyak.

Dan terlebih, proses mudah ini akan menjadikan bukti jika Millenial sebagai agent of ideas, yang menginspirasi orang lain –meski- hanya lewat tulisan saja kan?

Namun ya tentu saja, hal ini akan menjadi pekerjaan rumah para Millenial, ketika sudah menjadi bagian komunitas IDN App kelak. Dalam hal ya selalu bisa mengasah kemampuan membaca serta menjamin eksistensi menulisnya dan merasakan prosesnya.

Karena memulainya, kita harus sabar, menginjak level demi level, hingga ke level puncak. Level Member misalnya akan disematkan bagi kita yang berhasil sign-in di akun IDN App.

Selanjutnya, kita bisa merangkak menjajal level Writer yakni, kita yang sudah berhasil menulis dan menerbitkan artikel kita di IDN App.

Serta level puncak yakni Verified Writers adalah penulis yang terverifikasi IDN Media, yang dinilai dari keaktifan dan juga kualitas konten artikel yang dihasilkan.

Pada intinya, ya kita akan dibiasakan beradaptasi pada penulisan artikel berdasarkan ketentuan gaya penulisan di IDN App, yakni Listicle. Agar artikelnya bisa lekas dan terus terbit secara komersil.

Dan muaranya akhir proses ini bisa menjadi sarana demokrasi yang hakiki, yang menjadi pilihan Millenial dalam menafsirkan sendiri, Demokrasi yang sehat itu sebenarnya!

4. Aplikasi baca berita IDN adalah wadah Media Sosial yang sehat dan produktif

Aplikasi IDN Times memberikan kita ruang untuk memfolow dan difollow lho! I Dokumentasi Pribadi
Aplikasi IDN Times memberikan kita ruang untuk memfolow dan difollow lho! I Dokumentasi Pribadi

Nah, jika kita telah memiliki akun IDN App, ya otomatis kita sudah menjadi bagian keluarga besar di komunitas IDN yang terhimpun dari ribuan orang dengan perbedaan karakter.

Dimana semua Member, Writer, dan Verified Writer Millenial yang aktif di dalamnya, akan terbiasa menyeimbangkan kemampuan ber-argumen lewat verbal juga non verbal secara seimbang.

Dan akhirnya, atas referensi aplikasi baca berita IDN App, diharapkan semua bangunan argumen sehat tadi juga bisa menyelipkan fakta dan data valid yang dibungkus dengan alur logika  yang mudah dipahami juga ke orang lain.

Nah dalam konteks konten valid, jangan kuatir! Semua hal terkait informasi fakta dan data dari artikel yang tersedia di IDN App sudah melalui proses panjang.

Artinya semua artikel yang berisi fakta dan data IDN App yang sudah ditulis oleh elemen komunitas IDN App, pasti akan dimoderasi ketat olah tim editor IDN Media.

Gunanya, menjamin informasi di dalamnya akan terasa valid dan bisa dijadikan referensi yang bermanfaat bagi Millenial, dalam membangun ide menyalurkan aspirasinya itu.

Nah dalam komunitas IDN ini, tentu saja kita bisa saling bertukar pikiran antar penulis satu dengan yang lainnya, terkait konten artikel. Dimana komunitas IDN ini akan menjadi ruang demokratis, untuk saling melengkapi ide gagasan satu dengan lainnya secara positif.

Ini dia lima ikon dengan banyak manfaat ketika kita klik I Dokumentasi Pribadi
Ini dia lima ikon dengan banyak manfaat ketika kita klik I Dokumentasi Pribadi

Di sini kita juga bisa membangun pertemanan lewat fasilitas following para Writer IDN App yang kreatif dan inovatif. Begitupun kita, yang bisa juga difollow oleh banyak Writer IDN App, atas semua artikel yang bisa kita hasilkan.

Ini semacam aktivitas ber-medsos saja kan jadinya? Namun, berasa sehat dan berkualitas karena terbebas dari sharing konten Hoax dan budaya nyinyir!

Artinya, semakin bagus tulisan artikel yang dibuat, tentu akan berdampak pada jumlah pembaca dan follower kita di komunitas IDN App yang memiliki member ribuan orang.

Dan bukan soal ketenaran saja yang didapat, kembali lagi pada keuntungan komersil yakni poin yang dihasilkan atas jumlah pembaca artikel kita nantinya!

5. Aplikasi baca berita IDN akhirnya mengajarkan jika Demokrasi adalah kebebasan yang terbatas.

Saya masih menjadi member IDN Times nih I Dokumentasi Pribadi
Saya masih menjadi member IDN Times nih I Dokumentasi Pribadi

Harus diakui sih, jika istilah Demokrasi selalu saja melekat pada istilah politik saja ya? Dan selalu saja beraroma soal perebutan kekuasaan atau mencari ketenaran.

Namun menulis bisa saja menjadi hal yag mudah untuk mewujudkan hal itu dalam konteks luas kan? Kita lantas mengandaikan kita bisa menjadi penulis yang terkenal, baik fiksi atau non fiksi atas aktivitas kita di aplikasi baca berita IDN ini.

Dan akhirnya bisa menghadirkan ketenaran tadi bagi diri kita, dan otomatis mendatangkan materi yang bisa berbanding lurus dengan tulisan ide gagasan kita yang cemerlang.

Namun ya perjuangan butuh pengorbanan! Proses itu, akan sangatlah terasa ketika kita –nanti-sedang memanfaatkan IDN App untuk tujuan apa saja, termasuk memahami makna Demokrasi tadi kan?

Salah satunya, ketika Artikel kita ditolak, hal ini bisa saja menyakitkan. Namun dibalik itu, harus diakui pastilah ada kekurangan yang mungkin luput kita penuhi.

Artikel ditolak sungguh terlalu, namun coba saja terus sampai diterbitkan IDN Times ya? I Dokumentasi Pribadi
Artikel ditolak sungguh terlalu, namun coba saja terus sampai diterbitkan IDN Times ya? I Dokumentasi Pribadi

Terutama -mungkin saja- artikel yang kita buat, mungkin berkenaan dengan isu Hoax dan juga plagiarisme/copy-paste. Semua konten-konten tadi memang haram untuk beredar di IDN App lho.

Dan juga, ketentuan lainnya berupa penulisan EYD Bahasa Indonesia yang harus mudah dipahami pembaca. Serta gaya khas Listicle IDN Media yang harus kita ikuti.

Nah artinya, ketentuan penulisan tadi merupakan batasan dari kebebasan kita mengekspresikan ide kita dalam tulisan jua kan?

Namun harus dipahami jika, batasan atas ketentuan penulisan IDN Media itu sengaja ditegaskan kepada writer IDN App. Utamanya memberikan jaminan atas ketersediaan konten yang berkualitas, dan mudah dipahami.

Dan melewati proses tadi akan membentuk Millenial menjadi terlatih atas batasan kebebasan mengeluarkan ide kita dalam tulisan.

Nah tentu saja, lima hal di atas menjadi rangkaian filosofis, untuk bersama sama bisa memahami makna demokrasi yag sehat. Dalam menyampaikan  aspirasi kita di mana saja.

Gairah berekspresi Millenial harus tetap ada, namun harus dibarengi dengan isi gagasan yang berkualitas I IDN Times
Gairah berekspresi Millenial harus tetap ada, namun harus dibarengi dengan isi gagasan yang berkualitas I IDN Times

Dan hal ini sekaligus menjawab pertanyaan mengapa Millenial sangat membutuhkan aplikasi baca berita IDN App di Gawai mereka kan? (Aal Arby)

Sudah baca artikel ini, belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!