Rahasia Mencuci Motor, Dengan 4 Langkah Kasih Sayang Ini!

Rahasia mencucui motor

Motor kadang juga mesti disayang dong! Mencucinya selepas hujan, itu bisa menjadi tolak ukur kasih sayang kitah! Nah Ini ada rahasia mencuci motor yang harus kita tahu!

Namanya hujan tidak dapat dikira-kira datanganya ya? Padahal si motor baru saja dicuci ditempat pencucian, dan lagi sebentar mau jemput yayang nge-Mall lagi.

Ah, daripada ngedumel, ayo lekas saja mencuci motormu sendiri di rumah. Karena cinta kasih sepeda motor itu pada hakekatnya tidak pernah mengenal waktu untuk selalu mengantarmu, ketimbang doimu ituh! Balas dong!

Eitss, mencuci motor, ada beberapa hal yang luput diperhatikan, yang kita tahu gosok aja pakai sabun dan siram sama air sebanyak-banyaknya, kelar urusan!

Ah, jika saja motor itu bisa berbicara seperti bis kecil bernama Tayo, dia pasti akan marah besar dan akan berkata 4 hal kayak gini!

Jangan cuci daku di saat panas, dong!

Yang anak IPA waktu SMU mana suaranya? Masih ingat tdak dengan hukum Fisika, jika logam dalam suhu panas, logam akan memluai proses pemuaian.

Nah, jika mesin disiram langsung dalam suhu panas, logam itu akan melakukan perlawanan, dengan bereaksi pula, dan bisa menyebabkan keretakan pada logam, tadi.

Di lain sisi,  mesin panas, tentu akan membuat celaka kita ketika menyentuhnya. Jadi sabar dulu aja guys, biarkan motor kita menghela nafas sebenatar, setelah menggendong kamu kenana-mana.

Jangan langsung bersihkan bodiku!

Pasir-pasir selama perjalanan pastilah akan menempel di permukaan bodi, dan akan menyebabkan goresan jika langsung disemprot dengan air.

Untuk kali pertama semprot saja dulu di baagian bawah, kaki-kaki, ban, pelek dan setelahnya boleh langsung menyemprotkan air ke permukaan bodi.

Baca Juga : BPJS, Dibully Ketika Sehat, Dirindu Ketika Sakit

Karena bodi telah dalam kondisi basah karena cipratan semprotan air di bagian bawahnya tadi. Setelahnya bodi boleh disabuni, dengan shampoo pencucui motor.

Jangan menyemprot rantai dengan air bertekanan tinggi!

Jika langsung disemprot, pelumas yang melindungi rantai akan rontok, dan memercik kemana-mana, sehingga menjadi noda membandel yang susah dibersihkan. Dan lagi, akan membuat rantai cepat karatan karena proses kimia.

Campurkan saja sabun cuci anti minyak dan bensin, percikan sedikit saja ke rantainya, sikat-sikat merata. Setelahnya hanya dilap dengan kain, hingga air membasahi rantainya kering, lalu berikan saja pelumas rantai lagi secukupnya.

Jangan siram air berlebihan ke arah mesin!

Sistem pengapian sangat alergi dengan air. Maksud kitabaik sih, disemprot banyak-banyak biar bersih sekalian.

Namun menyiramkan air ke bagian ini berlebihan bisa-bisa membuat motor kita malah mogok setelah dicuci bersih. Kan bisa jadi masalah lagi guys! Bisa nambah ongkos bengkel lagi ntar!

4 Rahasia mencuci motor ini bisa dong kita coba!Iya gak?

Sudah baca artikel ini, belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.