Kamu Dapat Salam Dari Si Gundul! Si Durian Unik Asal NTB

Anu, Durian apa yang tidak ada durinya? Mau tau, Ini jawabnya!

Pernah kita dengar lagu semangka berdaun sirih? Itu mungkin hanya karya fiktif belaka dan tidak sungguhan.

Namun nanti jika ada lagu mendatang berjudul sukun berasa durian, itu aseli bukan fiktif, bisa jadi kita lagi ngomongin si Gundul.

Iya si gundul, buah durian adal NTB, yang memang tidak memiliki duri pada kulit luarnya. Bentuknya persis seperti buah sukun, berwarna coklat tua. Nah ketika dibelah serasa belah duren beneran.

Lalu isinya ya sama saja dengan daging buah durian yang biasa kita kecap dimana-mana.

Namun dagingnya si terasa tipis, sehingga si biji bisa seksi terlihat dari luar. Namun rasanya dagingnya yang berwarna kuning, terasa legit jua di lidah dan menebarkan bau khas durian.

Nah sejarah penemuan si Gundul di belantara hutan NTB, diceritakan oleh tim eksplorasi Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) NTB, ynag sekitar 2006-2007 ketika menemukan si Gundul dari alam.

Letak pohon Gundul, berbuah lebat di Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Namun, si Gundul hanya satu-satunya pohon yang masih tumbuh di sana. Sudah diupayakan untuk memperbanyak varietas Gundul di Pulau jawa. Pohon Gundul tumbuh namun enggan berbuah.

Gundul kini resmi didaftarkan menjadi Varietas Unggul Nasional dengan nama beken buahnya ya Gundul. Lalu bibitnya juga sudah disebarkan di berbagai wilayah Indonesia.

Di taman Mekarsari, Bogor misalnya. Malah bibitnya juga sudah djual bebas. Tapi ya itu, soal mau berbuah apa tidak menjadi misteri.

Duh dasar Gundul!

Photo BPSB NTB

Baca Juga Artikel Wadai Lainnya

Tinggalkan Balasan