Kopi Duren Atau Kopi Sianida, Enakan Mana Ya?

Kopi

Ini hanya tulisan selow ajaa.. Kopi tidak pernah mendua euy.. dipasangkan dengan duren sekalipun tetap enak, asal bukan kopi sianida! Beneran nih?

Ngobrol bareng teman paling asik ya nyeruput kopi sih. Aneka jenis kopi menjadi pemanja pas di saat nongkrong di mana saja, asal jangan di atas po’on.

Namun kenikmatan kopi terusik dengan istilah kopi sianida yang terkenal tatkala kasus Wayan Mirna Salihin yang menenggak kopi saat nongkrong di kafe oliver pada 6 January 2016 lalu, seketika tewas.

Usut punya usut, Kopinya terbukti mengandung sianida yang dapat merusak lambung.

Dan akhirnya kasus itupun terkuak, ketika itu hakim menyatakan Jessica Wongso secara sengaja menaburkan Sianida di dalam kopi Mirna tadi, ya dengan tujuan tertentu.

Detailnya sih kenapa Sianida begitu dahsyat, adalah sianida bersifat korosif terhadap bahan-bahan terpapar.

Dimana jumlah sianida yang terkandung dalam kopi Wayan Mirna sebesar 298 mg, jumlah itu jauh lebih besar dari lethal dosis sianida untuk manusia dengan bobot 60 kg yang hanya 171.42 mg.

Ah, tapi kopi sianida itu hanyalah istilah saja sih tidak dijual bebas dan menjadi istilah modus kejahatan yang memang jangan ditiru, untuk menghidangkannya dan ajak-ajak teman menyeruputnya.

Mending menyeruput kopi yang ditambahkan susu sedikit, akan lebih nikmat nan sehat. Itulo kopi susu!

Menjelajah sensasi kopi memang tak hanya mencapurnya dengan susu atau meng-improvisasinya dengan Sianida.

Baru-baru ini seorang warga di Minahasa dikabarkan meninggal pada kamis (7/2/2019) lalu. Usut punya usut, sepele saja masalahnya, katanya  dia barusan menegak kopi duren.

Kopi duren itu Minum kopi sambil makan durian ?

Banyak intepretasi yang berkembang sih, soal penyebab kematiannya. Katanya, dia juga mencampurnya lagi dengan hemaviton. Ituloh suplemen penambah keperkasaan priah.

Nah jadi penasaran kenapa kopi duren sebegitu dahsyatnya seperti kopi sianida milik Jessica itu ya?

Pada tahun 2018, pernah juga ada kabar serupa, warga Malaysia dilarikan ke rumah sakit setelah menikmati kopi duren alias minum kopi sambil makan durian.

Ditambah lagi banyaknya berita atau sumber bacaan yang liar menyebutkan jika durian memang tidak boleh bercampur dengan kopi.

Beh kok sebegitunya ya, makanan yang enak macam durian kok tidak bisa bersanding dengan minuman yang nikmat macam kopi ini?

Apa iya, kombinasi kopi dan durian bisa se-dahsyat kopi sianida? Disadur dari laman Tribun pertanyaan itu juga dijelaskan oleh dokter gizi, yakni dr Inge Permadhi SpGk.

Dia malah mengatakan tidak ada hubungan antara durian dan kopi, dalam artian campuran keduanya tidak akan berdampak apa-apa.

Jika kebetulan menyeruput kopi duren dan menyebabkan keracunan, ya kemungkinan besar orang tadi memiliki histori penyakit tertentu.

Keracunan, bisa terjadi bila saja sesorang terlalu banyak menikmati durian dalam porsi besar dan buahnya terlalu matang atau mengerak.

Jika durian terlalu matang akan banyak mengandung alkohol. Namun biasanya pengaruhnya itu jangka panjang, bukan sesaat setelah mengkonsumsinya.

Nah, tuhkan artinya memang kopi duren menyisakan misteri nih sekaligus tantangan untuk pencinta kopi sejati. Apalagi menikmatinya duriannya ramai-ramai ngajak saya.

Nah  daripada menu kopi susu mulu, sesekali jajal saja kopi duriannya yok. Saya siapin kopinya, kamu beli duriannya gimana?  Asal gak pake Sianida lho ya!

photo ilsutrasi : pexels.com

Sudah baca artikel ini, belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!