Menebar Kebaikan Lewat Secangkir Kopi Asli Tanpa Campuran Essens, Cheeers Kopi Jujur!

Kopi Jujur

Mojok di sudut kota, mengamati hiruk-pikuk hari ini dan meriview kembali kebaikan apa yang kita telah buat, menjadi camilan asik bersama secangkir kopi ya? Iya, biasanya saya hanya menyeduh kopi hitam bersama air hangat, dan itupun hanya secangkir Kopi Jujur, Kopi asli tanpa campuran essen titik.

Sembari menyeruputnya, tak lengkap ah, jika tidak mengajak mereka, satu atau dua orang lainnya untuk beradu kebaikan yang telah dilakukan hari ini.

Emang menyapa mereka siapa? Ya bisa semua orang yang jua memiliki passion sama dan gemar menyeruput Kopi, dan bersama biasa dengan saya di salah satu kedai Kopi yang terletak di pojokan kota Samarinda.

Tanpa mengenal mereka, bisa malah menjadi tantangan yang asik lho, terutama berkenalan dengan lawan jenis kita! Siapa tahu jodoh yang dikirim Tuhan via secangkir Kopi tadi, Hiks..

Wujudnya sendiri, Kopi ya jua seperti itu-itu saja kok, bukan hitam-manis seperti saya, namun hitam dan berasa pahit. Kopi yang kita kenal memang masih merupakan minuman berkafein dari jenis tanaman, yang menghasilkan biji kopi, lalu diolah  hingga menjadi butiran halus berwarna hitam.

Bermula dari  kata Qahwah, bahasa arab, Kahveh bahasa Turki, Koffie Belanda , lalu dipermak lagi menjadi sebutan Kopi, untuk menyebutnya di sini di Indonesia.

Suatu metamorfosis kata yang memerlukan proses panjang ya,  namun tidak jua mengurangi kenikmatan Kopi Jujur hingga kini. Lantas, apalah arti sebuah nama sih kalau begitu?

Efek menyeruput secangkir kopi, bagi saya jelas-jelas sudah menghadirkan rekatan rasa perkawanan, lewat curahan yang tersimpan dalam hati untuk lekas diutarakan.

Lantas simpulan berupa keluh kesah besarta solusinya menjadi paket two in one, termasuk mungkin masalah cinta rumit kitah, –bisa jadi!- Dahsyat sekali tendangan Kopi ini-kan?

Dan lagi, saya yakin semua orang pastilah menyukainya, apalagi banyak kali pilihan jenis kombinasi menu Kopi saat ini! Ada jenis minuman kopi hitam-lah, tubruk-lah, latte dan lain-lain.

Tapi, sayang kali, momen-momen indah di kedai kopi bersama secangkir kopi dan mengulang penggalan-penggalan kisah di atas, akan tertahan sementara waktu ya?

Akibat penyebaran Pandemi Covid-19 yang meluas, dan memaksa kita untuk harus stay di rumah saja, bukan lagi berkumpul di kedai-kedai Kopi, seperti dahulu.

Namun jangan salah, menurut saya bagi pecinta kopi sejati, berada di rumah saja, tetap saja bisa merasakan secangkir Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen bersama orang-orang tercinta kan? Seperti menikmati Kopi Bencoolen ini, Yukk cheers!

Rasa Kopi Jujur, Kopi asli tanpa campuran essens!

Ketenaran Kopi  saat ini tentu saja menjadikan bisnis Per-kopian menjadi bergeliat di dunia, bahkan. Namun, ya gitu, ada saja kita temukan penjual Kopi yang -tega-teganya- mengecoh kenikmatan asli kopi dengan ragam cara, ya tentu saja dengan ‘cara oplosan’.

Tentu saja bagi kita yang sudah doyan kopi, bisa lekas, mengerti jika rasa dan kenikmatan Kopi yang memang tidak pernah bohong!

Bagi saya pribadi, ada dua cara mengenali Kopi asli apa tidak. Pertama, Kopi asli tanpa campuran essens, tentu saja memiliki aroma jauh lebih lembut. Jika dibandingkan jika telah dicampur essen atau jagung yang tentu aromanya akan semakin tajam.

pexels

Kedua, jika diseruput dan masuk ke dalam tenggorakan, rasa Kopi asli akan berasa sebentar saja, bertahan di dalamnya.

Sebaliknya untuk Kopi yang ‘oplosan’ yang mengandung essens misalnya, tentu kita akan merasakan rasanya akan tinggal lama dalam tenggorokan.

Tidak salah memang, jika Ekstrak kopi dan essens juga menjadi komoditas yang marak saat ini. Biasanya produk ini, ditujukan untuk campuran minuman dan makanan untuk menumbukan cita rasa kopi sesungguhnya.

Ini akan menjadi tantangan baru bagi pecinta Kopi, untuk bisa memilah dan selalu menikmati kandungan kejujuran, di dalam secangkir Kopi asli, tanpa campuaan essen.

Essen yang kita kenal adalah produk yang dihasilkan dengan mengumpuilkan uap dari seduhan kopi. Dengan tehnologi modern, asap dari seduhan kopi ‘dikumpulkan’ dan diolah menjadi Essen tadi.

Ingat! Kopi hasil campuran Essen ini biasanya berwarna putih kekuningan hingga ada juga yang berwarna coklat. Biasanya digunakan untuk es krim, susu dan makanan lain.

Lain essen lain pula Ekstrak kopi yang jua punya aroma yang lebih kuat dan bukan untuk dikonsumsi langsung, biasanya digunakan untuk campuran makanan dan minuman.

Jika ingin mengkonsumsinya, biasa saja namun dengan takarannya sedikit saja! Tapi jelas kenikmatannya kalah dibadingkan dengan Kopi asli, Kopi jujur!

Menikmati Kopi Jujur via Kopi BlockChain?

Kandungan alami Kopi dengan berbagai improvisasi sajiannya kayak di atas, seperti ekstrak dan essens tentu saja memberikan tantangan bagi eksistensi Kopi asli, Kopi Jujur.

Namun semakin kesini, semangat industri 4.0, sudah mengenalkan sajian kopi dalam bentuk digital juga. Iya, Kopi BlockChain, yang eksistensinya bisa langsung tersambung dalam jaringan internet?

Membayangkan Kopi BlockChain, kita bisa saja membayangkannya seperti  layanan online, yang bisa menghantarkan sajian Kopi asli tanpa campuran essen langsung dihadapan kita dari produsen Kopinya, atau malah dari petani Kopinya, –gampangnya begitu!-

Bancoolen Coffe
ilustrasi kopi Bancoolen I ewarta.co

Itu bisa saja terjadi kan? Utamanya, tentu dengan suatu sistem tehnoloy terkini, tujuannya tentu agar bisa memberikan dampak positif bagi taraf hidup petani Kopi sendiri, dengan harga jual Kopi yang stabil dan jua ujungnya akan berdampak pada  hingar-bingar Perkopian semakin semarak.

Tentu saja lewat semangat kejujuran dari kenikmatan filosofis Kopi asli tanpa campuran essens.

Eh sekarang kita punya aplikasi Kopi BlockChain yang kita jua bisa semat di mobile kita lho? Dari aplikasi Kopi BlockChain ini nanti, akan tersaji data asal-usul Kopi dan tidak akan berubah sehingga akan membuat transparasi data Kopi asli itu menjadi rujukan untuk menikmatinya.

Hal itu berguna misalnya saja Petani kopi kita ingin mengekspor kopinya kemana saja, maka untuk membuat negara tujuan yang dikehendaki tadi bisa percaya jika itu benar Kopi Jujur.

Aplikasi kopi BlockChain dapat memberikan data soal keaslian Kopi tadi, agar terhindar dari upaya kecurangan yang sudah kita singgung di atas.

Transparasi adalah proses penting dari tehnology tadi, proses hulu hingga hilir –bahkan- dapat dilacak dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas Kopi beserta layanannya. Yakni pelayanan dari proses pemesanan, penukaran kopi dan lelang kopi serta Qr Code.

Nah salah satu produk yang dipasarkan adalah Kopi merk Bancoolen yang dikelola oleh PT Cyberindo Persada Nusantara (CPN).

Bancoolen Coffe
Screenshot aplikasi Bancoolen Coffe

Nah lebih jauh dari bayangan kita tadi, Kopi BlockChain di satu sisi ternyata sudah menjelma menjadi  sajian Kopi digital, yang tidak buat diseruput saja, namun berbentuk  aset yang bisa diperjual-belikan, dalam mata uang  crypto berupa token.

Dalam sistem tehnology yang digunakan mengolahnya Token Kopi nanti akan bekerja pada platform WAVES, dimana waves yakni berupa aset crypto -mata uang kripto seperti bitcoin

Dimana untuk diketahui nih, waves sendiri kini berada pada kisaran rangking 51 dari sekita 5000 aset yang terdata di web CoinMarketCap. Jika dikira sih nilai 1 token Kopi Blockchain ini adalah 1 Kg fine kopi Robusta Bengkulu, yang tersohor saat ini.

Nah poinnya, Kopi Blockchain merupakan tehnology yang bermanfaat dalam perdagangan fine kopi Robusta kita, yang menjamin ketersediaan kopi asli tanpa campuran essens! -Dan bisa lekas didownload pada Playstore di andorid kamu sekarang !-

Kopi sudah menjadi investasi berharga!

Sudah terjawab kan? Dengan karakter rasa yang elegant, Kopi memang –wajar- menjadi komoditas yang dahulu selalu dinikmati kalangan elit saja, dan bersyurkur kini sudah menyebar sempurna pada semua golongan.

Dimulai dahulu dari peradaban bangsa Arab yan mengenalkan kopi Arabika dan selanjutnya ditemukan lagi jenis lain, berupa jenis kopi Robusta.

Kedua jenis biji Kopi baik Arabika dan Robusta, menjadi pilihan pecinta kopi saat ini. Termasuk kita! Dengan kandungan senyawa kafeein bersama plus-minus manfaat dan kerugian bagi tubuh tentu menjadi hal yang wajar, untuk menikmatinya dengan porsi yang sewajarnya pulak.

Harapannya, secangkir kopi bisa meng-charge kembali zat sesunguhnya yang paling penting bagi tubuh kita, yakni kejujuran alami, yang berimplikasi pada semangat kebersaman untuk selalu menebar kebaikan dan kebaikan saja setelah menyeruputnya.

Rekatan persahabatan yang tercipta dalam secangkir kopi, ya tentu saja menjadi investasi beharga kan buat masa kini dan masa depan kita dan bumi ini melangkah lebih baik.

Bercerita kopi, dan menyeruputnya ya beginilah efeknya, kita berasa ditarik-tarik untuk meresapin makna filosofis positif dari secangkir kopi, tanpa campuran essen, yang mencipta  hal berupa kebaikan dan kebaikan lagi saja ya!

Secangkir Kopi lebih jujur darimu, ia pahit tanpa menyebutkan pahitnya. Ia hitam tanpa malu mengakui warnanya

Dee- Filosofi Kopi

Kata-kata filosofis tadi tentu cukup untuk menyimpulkan makna Secangkir kopi asli, tanpa campuran essen ya?

Dengan makna mendalam bisa saja kita mengatakan jika kopi asli tanpa campuran essen, adalah Kopi Jujur yang bisa menularkan kejujuran dalam diri kita dan sekitar kita!

Dan -eh- ternyata menurut saya, itulah kandungan utama Kopi asli selain kafeein yang terdapat dalam secangkir kopi asli tanpa campuran essen tadi!

Kopi JUJUR
kopijujur.id

Tidak salah jika -misalnya- kita ketika sedang menikmati Kopi Bancoolen, kopi asli tanpa campuran essens itu, bisa pula lantas ingin lekas mewujudkan keinginan menebarkan kejujuran dan kebaikan di sekitar kita?

Tapi bagaimana mungkin tanpa kerbersamam yang dimulai dari menyeruput kopi bersama para pecinta Kopi lainnya yang biasa nongkrong di Kedai Kopi?

Nah ini mungkin saatnya untuk bisa membangkitkan kembali memori manis dan mengulangi menikmati kenikmatan secangkir kopi asli tanpa campuran essen yang saat ini terhalang oleh penyebaran Covid-19 tadi ya.

Kini bersama Kopi Bencoolen, kopi asli tanpa campuran essen, kita tertantang dalam aksi satu juta cup Kopi Jujur secara gratis! Berani?

Aksi kebaikan ini, tentu saja merupakan aksi melawan penyebaran Covid-19, dengan cara mendukung aksi Paramedis sebagai garda terdepan Covid-19.

Kopi jujur
kopijujur.id

Nah dalam aksi ini elemen Kopi Jujur, Pencinta Kopi sejati –termasuk aku, kamu dan kita- diajak menjadi relawan untuk membagikan semangat Kopi asli tanpa campuran essens tadi dan merasakan kenikmatan Kopi jujur itu, kepada para Paramedis, serta masyarakat luas sebagai wujud dukungan kita kepada upaya kita melawan Corona!

Asal tahu saja, aksi kebaikan pecinta Kopi asli ini akan berlangsung selama dua bulan dari 30 Maret 2020 sampai 30 Mei 2020.

Dalam perjalanannya, aksi tadi, akan tersaji 10ribu cangkir kopi jujur gratis dari Bencoolen kopi dengan aneka sajian menu Kopi tubruk 100% fine Robusta Asli, Kopi Filter, Kopi Jahe yang tersaji hangat  di 8 Rumah Sakit Jakarta.

kopijujur.id

Dan tentu saja, aksi ini memerlukan aksi kebersamaan kita untuk berpartisipasi sebagai Relawan yang ditempatkan untuk posisi tenaga Barista dan tenaga lainnya dalam pengantaran logistik kopi, gula sachet, hot paper cup ,stirer dan peralatan kopi lainnya.

Nah jika kamu pecinta kopi asli tanpa campuran essen dan berniat untuk menebarkan kebaikan dalam upaya mememutus penyebaran Covid-19. Ya dengan cara menebarkan kandungan Kopi Asli tadi, yakni menebarkan kejujuran dan kebaikan lewat inspirasi Kopi Jujur.

Yuk menjadi relawan Kopi Jujur! Pada aksi kali ini ya! Mari kita bangkit bersama Kopi Jujur melawan Corona.

Biar penyebaran Covid-19 tertanggulangi, dan kita lekas bisa kumpul-kumpul lagi di kedai Kopi, sambil ngobrol dan menikmati secangkir kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen itu! Yuk Cheers..!

By Alfian Arbi

Cover Photo By Pexels

Sudah baca artikel ini, belum?

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.