Lewat Hobby, Harga Sembako Bisa Suka-suka Guwe!

Nah, saya pikir saat nya untuk bergerak, membantu mengatasi hal itu dengan cara :

Pertama, mencoba hobby baru. Mau? Yakni mencoba bercocok tanam yang memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit di perkotaan dengan tehnik hidroponik.

Sebagai modelnya,  kebetulan saya telah memulainya semenjak 3 tahun lalu, dan itu berhasil.

Tehnik Hidroponik merupakan tehnik bercocok tanam yang tidak memerlukan lahan luas.

Memulainya bisa memanfaatkan bahan bekas dan menggantungkannya di tembok. Dan materi memulainya telah banyak buku yang menulisnya. Ikutin saja!

Dokuemntasi Pribadi

Tapi, lagi-lagi hobby ini juga memerlukan keuletan dalam memberikan nutrisi, intensitas cahaya dan suhu di sekitar tanaman tumbuh.

Kita bisa mencoba menanam aneka sayur mayur macam sawi putih, kangkung, selada. Dan sebagai pelengkap tanaman tomat dan lombok yang juga penting.

Tehniknya bercocok tanamnya bisa menggunakan hidroponik NFT (nutrient Film Tehnik) yang banyak digunakan orang. Yakni menggunakan pipa talang dan pompa. Melakukannya hanya melubangi pipa itu untuk bibit tanaman yang diletakkan pada penampung. Alirkan air dengan pompa sebagai nutrien tumbuhan.

Cara kedua yakni, tehik hidroponik SWICK, yang menggunakan botol bekas yang dibagi dua bagian. Lubangi tutup botol. Gabungkan keduanya dengan cara membalik bagian moncong botol menghadap ke bawah.

Dokumentasi Pribadi

Pasang sumbu kompor sebagai pengantar media air. Tanam bibit tanaman yang dimaui dengan pada bagian botol di atasnya yang telah terisi tanah. Bagian bawahnya jangan lupa diberi air nutrisi yang bisa dibeli di toko pertanian.

Yuk, kita menggunakan e-commerce !

Masyarakat perkotaan kini dengan mudahnya tersentuh dengan tehnology. Terutama berbelanja kebutuhan pokok menggunakan start-up pertanian seperti Tanihub, regopantes dan lain-lain. yang aplikasinya dapat mudah didapatkan di gadget kita.

Lanjut baca klik nomor halaman ya!

Tiga Artikel Wadai paling Populer, Yuk Klik-in!

error: Content is protected !!