Liburan Tanpa Beban, Dengan Sakuku

Liburan memang selalu saja dikaitkan dengan kemampuan, ujung-ujungnya ya beban buat beli oleh-oleh. Terus bagaimana kalau tidak sempat membelinya sesampai di daerah asal? Nanti dikira sombong lagi! Tapi untung saja ada Sakuku BCA, apaan tuu?

Jika weekend menghampiri, saya biasanya pergi ke luar kota. Minggu lalu misalnya, saya berkunjung ke Balikpapan, Kalimantan Timur untuk urusan pekerjaan.

Namun aktivitas saya tersebut kadang disalah artikan oleh teman sekitar sebagai pelesiran-lah atau liburan. Padahal suer, saya bukan termasuk orang yang berada buat pelesiran kemana-mana euy.

Tapi, ya sudah, itu sudah konsekuensi. Ketika bertemu mereka, saya rela kok ditodong-todong untuk menyerahkan oleh-oleh hasil pelesiran minggu lalu itu. Meski saya sendiri tidak pernah membelinya untuk diri saya sendiri.

Tapi masalahnya Mereka keu-keh, menyangka mungkin saya sekarang ‘berdompet tebal’. Hah, ya mau gimana lagi, melihatkan semua isi dompet saya ini, juga tak akan mengubah presepsi mereka kan? Ya resikolah, anggaplah itu sebagai doa mereka kepada saya. Aamin !

Ah, jika terus ngeles dan tidak memberikan oleh-oleh, juga rasanya sukar. Namanya juga teman, ya sudah akhirnya saya berfikir untuk mencari, bagaimana bisa mendapatkan oleh-oleh yang ber-bau Kalimantan.

Karena jujur saja, ketika berpergian, saya terbiasa dan tidak suka membawa barang yang banyak, cukup ransel berisikan pakaian, laptop dan perlengkapan penting saja.

Mencari, dimana Toko online yang bisa menyediakan barang oleh-oleh dari Balikpapan? Nah, itu bisa menjadi solusi bagi saya untuk menyenangkan hati kerabat tadi sih. Pikir saya nanti, pasti pembayaran dari transaksi daringnya, bisa gampang via Transfer, dan pesanannya lekas dikirim via kurir.

Eh, tahu gak? Di Balikpapan, ada camilan berupa keripik yang terbuat dari mandai, yang dikenal dengan Mandai Crispy.

Mandai sendiri adalah panganan yang diolah dari kulit buah cempedak, buah khas Balikpapan. Mandainya enak setelah digoreng dan dimakan sebagai lalapan bersama sambal korek. Terkenal nih, dikonsumsi di Kalimantan, sendiri.

Baiklah, di hadapan teman, saya cukup mengeluarkan HP saya, dan mencari oleh-oleh yang dimaksud tadi dari jarak jauh dari sini. Nah, dapat! Ada situs yang menyediakannya, ya sudah saya pesan saja. Dan, saya alamatkan, di rumah mereka masing-masing kepada kurir yang nanti mengantarnya nanti.

Setelah saya pesan, ya jelas saja tinggal bayar kan! Syukurlah, Di HP saya, sudah tersemat aplikasi Sakuku dan BCA Mobile sebagai akses saya untuk bertransaksi online.

Namun, dalam situs tersebut, tidak menjalin kerjasama dengan pihak Sakuku. Namun, masih beruntung  mereka melayani proses transfer payment via BCA.

Tidak masalah, Sakuku dan BCA mobile, tetap bisa menjadi pilihan dalam pembayarannya kok. Penggunaan Sakuku dalam proses pembayarannya itu lebih gampang.

Nah, bagi yang sudah mengunduh aplikasinya di HP, coba masuk saja ke aplikasinya, dan gunakan icon m-transfer, ketik nomer BCA yang akan dituju. Klik saja terus ikutin sesuai alurnya, hingga final mengetik PIN rahasia kita.

Tunggu sebentar! Nah kan, kelar deh pembayaraannya. Pesanannya dalam dua hari sudah sampai ke rumah pemesan masing-masing. Nah setelah bayar kita akan mendapat notifikasinya dan tersimpan dalam Inbox Sakuku.

Ah, perasaan saya jadi plong alias tanpa beban menghadapi teman saya, yang selalu iseng dan tahu saja aktivitas bepergian saya, ketika ke luar daerah.

 “Eh, nanti oleh-olehnya diantar ke rumah kalian masing-masing deh,” Ujarku me-ngeles permintaan mereka dengan halus.

Bukan bermaksud bohong sih, saya hanya ingin menyenangkan hati mereka, karena namanya teman adalah aset berharga dalam hidup saya sih.

Nah dengan kemudahan aplikasi di HP saya tadi, tentu saja bisa menaggalkan kesulitan dikala berpegian kemana-mana dengan barang bawaan yang berat untuk saya pribadi. Dan mungkin kamu!

Gampangnya itu, yang saya rasakan adalah cukup HP digenggaman saya saja, yang akhirnya bisa  melayani faktor-faktor yang tak kita duga dari segala macam aktivitas saya sehari-hari, termasuk kejadian di atas tadi.

Aplikasi Sakuku dan BCA Mobile, Pelepas Bebanku!

Jaman sudah se-digital itu ya, semua dilakukan dengan menunjuk-nujuk layar HP, semua langsung terwujud, seperti mimpi. Tapi tentu itu bukan mimpi, jika saja syarat dari saldo tabungan kita di Bank mencukupi untuk melampiaskan semua kebutuhan dan keinginan kita itu.

Sakuku sudah menjelma menjadi uang elektronik pengganti uang nyata. Kalau saat ini Perbankan menawarkan fasilitas Cash-less dalam transaksi. Kini BCA, menawarkan lebih dengan fasilitas Cash-less plus Card-less. Artinya semua transaksi, akan bisa dilakukan semua lewat HP yang sedang kita genggam itu.

Nah terus BCA mobile sendiri menurut saya sama seperti Sakuku yang bisa digunakan sebagai Cahless dan Cardless. Karena keduanya, bisa melakukan tarik tunai ke ATM BCA tanpa kartu. Jadi hal itu memungkinkan jika dompet kita sengaja atau tidak sengaja tidak ada di kantong celana kita.

Nah, perbedaan keduanya, terletak pada dana di dalamnya. Jika BCA Mobile menggunakan saldo tabungan kita di Bank BCA. Nah Sakuku, dananya berupa deposit yang harus ditransfer dari tabungan kita terlebih dahulu atau dari orang lain, bisa lewat ATM, BCA mobile, atau Sakuku teman sendiri.

Eitss, tapi jangan pukul rata, manfaat keduanya ya. Baca terus tulisan ini, biar kita bisa memilah penggunaan keduanya secara Proporsional. Dalam kasus di atas misalnya, kita juga bisa kok menggunakan BCA Mobile untuk mentransfer pembayaran ke toko online tadi.

Namun, di Sakuku akan banyak promo yang kita bisa dapatkan yang ditawarkan banyak merchant yang bekerjasama dengan BCA. Kalau, sudah berbicara soal promo Merchant, sudah pasti akan merangsang kita untuk berbelanja lagi-lagi dan lagi kan?

Nah dalam aplikasi Sakuku, akan terdapat empat icon yang bisa kita klik, ada  QR yang kita akan gunakan sebagai scan transaksi pada merchant yang bekerja sama. Lalu icon isi pulsa, Transfer, Split Bill yang bisa digunakan untuk meminta tagihan kepada orang lain.

Icon tarik tunai, bisa menjadi solusi ketika dompet kita tertinggal, karena bisa melakukan Cardless. Nah icon kontak, berisi kontak teman kita yang terdeteksi memiliki aplikasi Sakuku juga, sehingga bisa memudahkan kita untuk berinteraksi, termasuk meminta dan memberi dana.

Sedangkan, tampilan BCA mobile, akan berisi m-info yang memberikan informasi keuangan kita di Bank, m-transfer buat kirim-kirim uang dari dan antar rekening BCA. Lalu ada m-payment, dan juga e-commerce yang bisa diguanakan memuaskan kebutuhan dan keinginan kita sehari-hari. Tarik tunai, juga bisa digunakan sebagai Cardless, untuk penarikan danan di atm, tanpa kartu di ATM.

Icon QR sama gunanya untuk scan QR penjual ketika melakukan transaksi Cashless dan Cardless. Icon m-admin untuk merubah data pengguna pemilik akun BCA Mobile ini.

Hey.. Mengapa Kamu Harus Punya Sakuku Sekarang?

Nah, dengan fasilitas Sakuku yang tersemat dalam aplikasi di HP mu tadi, akan ada banyak manfaat, diantaranya pertama, sebagai Cashless pembayaran di banyak merchant, toko dan restaurant.

Tercatat ada sekitar 13 merchant dengan 114 outletnya yang menyebar di wilayah Jabodetabek. Termauk dua Situs terbesar Bhineeka.com dan juga blibli.com tuh.

Ah, terus yang kedua, paling penting adalah, kita tidak perlu ke kios pulsa untuk mengisi pulsa HP kita. Jangankan pulsa kita, pulsa teman juga kita bisa isi dengan Sakuku ini. Sehari kita bisa belanja pulsa sebesar Rp 1.1 juta, artinya kita yang muda malah bisa mengkomersilkannya kembali menjadi duit, lewat menjadi agen pulsa. Keuntungannya lumayan bisa nambah sadao Sakuku biar bisa ini-itu.

Ketiga, mendaftar Sakuku gampang! Coba unduh dulu di Play Store atau Apple Store kamu.

Sudah? Buka terus isi apa saja yang diminta, pembuatan PIN rahasian, dan terus ikutin aja alurnya dengan tombol lanjut. Lebih asik lagi, kalau kamu punya rekening tabungan BCA, Sakuku kita bakal bisa kita upgrade menjadi Sakuku Plus yang bisa memiliki deposit dana yang besar.

Keempat, Gampang pula Top-up dana ke Sakuku kita! Jika kita bukan nasabah BCA, minta saja kepada teman,keluarga kita via aplikasi Sakuku mereka ke nomer yang telah kamu daftarkan di Sakuku kita.

Nah nikmat mana lagi sih yang kita dustakan sekarang dari Sakuku dan BCA Mobile? Semua terasa gampang kan jadinya? Ah, dengan kemudahan memuaskan keinginan kita itu, tentu saja akan menggiatkan kita terus bekerja.

Buat apa? Apalagi kalau bukan bekerja untuk terus menghasilkan uang yang banyak, lalu mengisi dana itu ke Sakuku dan BCA mobile di HP kita kan?

Tinggalkan Balasan