Memilih Asuransi Properti Terbaik, Genapi Kebahagian ber-KPR, Miliki Rumah Sendiri

Asuransi Properti Terbaik

Damba memiliki rumah sendiri, wajarlah menjadikannya sebuah keinginan yang kekal bagi setiap kepala keluarga. Namun, jujurlah meresapi prosesnya, hal itu bak pekerjaan rumah yang rumit, yang mau tidak mau harus mampu dikerjakan jua, jika masih mau mengabulkan keinginan itu, bukan?

Lantas, cara mainstream yang menjadi tren terkini adalah, mewajarkan kita untuk mengambil fasilitas KPR saja, sebagai jalan pintas genapkan kebahagian miliki rumah sendiri tadi. Meski, jujur saja, dibalik keputusan itu akan berkecamuk pro dan kontra ber-KPR, yang bisa terbesit dalam keyakinan  kita sekalipun.

Namun, terlepas dari apapun. Hal penting, yang tertancap di benakku, kala menginginkan rumah baru itu,  yakni hadirnya sifat kebaruan bangunannya, menjaminkan ketahanan bangunannya jangka panjang, dan memangkas biaya pemeliharaan, seminim mungkin.

Nah, argumen barusan tadi, ternyata sukses menjadikan alasan kuat untuk memutuskan niatku menjalani KPR untuk memiliki rumah baru diriku, di 2010 lalu.

Ilustrasi memiliki rumah sendiri dan melengkapinya dengan asuransi properti terbaik MPM
Ilustrasi memiliki rumah sendiri dan melengkapinya dengan asuransi properti terbaik MPM I Dokpri

Ya harus jujur saja sih, dengan biaya KPR rumah yang melangit saat itu, sempat jua menggantungkan tanya di kepalaku. Seberapa kuat diriku nanti, akan mampu mengencangkan ikat pinggang, membayar cicilannya selama 8 tahun kedepan?

Benar saja, selang dua tahunan menjalani KPR, rasa itu benar-benar tiba. Diriku dihadapkan berbagai macam kebutuhan, selain hadirnya dinamika pekerjaan yang sempat menipiskan penghasilan pendapatan rumah tangga.

Pertaruhan itu pun dimulai! Apakah aku harus menghentikan saja KPR-nya, atau meneruskan KPR sembari mengontrakkan rumah itu saja ya?

Lantas, jika dihitung soal untung rugi, kedua keputusan itu tentu saja akan mudah melahirkan potensi kerugian materi?

Namun, akhirnya pilihanku untuk tetap meneruskan KPR sembari mengontrakkan saja rumah itu layak menjadi opsi yang logis saja sih. Terlebih lokasi rumah yang kupilih, juga seksi untuk dijadikan lokasi bisnis/perkantoran.

Nah, benar saja kan, modal dasar yang disinggung di atas, mengenai sifat kebaruan bangunan serta lokasi rumah yang strategis atas rumah KPR itu ternyata menjadi faktor keberuntunganku mendapatkan tenant yang mengontraknya, dalam jangka waktu yang lama pula.

Rasanya keputusan menyewakan properti yang baru saja dicicil selama dua tahunan itu semakin mantap saja. Terlebih lagi ketika aku mengetahui jika bangunan rumah yang kuambil lewat KPR di Perbankan pastilah sudah terlindungi oleh fasilitas asuransi properti terbaik selama 16 tahun kedepan.

Aku pikir, inilah yang menjadi salah satu manfaat memiliki rumah KPR itu, bukan?

Oleh karena itu, rasa cemas akan bayang-bayang menelan kerugian, kala melepaskan properti kesayangan ke orang lain dengan tujuan komersial apa saja, atas resiko musibah yang tak terduga, menjadi padam seketika.

Jujur saja, dana sewa selama 5 tahun kedepan yang kuterima kali pertama itu, bisa menjadi peringan beban, sembari melihat-lihat prospek rumah KPR itu selanjutnya. Apakah memang rumah yang aku kontrakan tadi seharusnya layak menjadi properti komersial saja dalam jangka panjang nanti ya?

Wah rasanya khayalan itu, ingin lekas saja menjadikan diri ini menjadi calon juragan properti saja pada saat itu. Amiin..

Menggenapi kebahagiaanku,mendapati rumah sitaan Bank, lewat Asuransi Properti terbaik

Mengingat-ingat lagi hal di atas, tentang pengalaman ber-KPR membuatku pintar saja berhitung-hitung untung dan rugi kini. Terlebih mencerna pembiayaan KPR dengan sistem bunga Floatingnya, dimana rumusnya, bilamana semakin lama mencicil, akan membuat semakin besar saja bunga yang harus dibayarkan.

Terpintas juga hadir bayangan di benakku kemudian, jika saja sewaktu-waktu mendapatkan musibah sebelum KPR rumah itu lunas, kerugian nasabah KPR pasti makin menjadi-jadi saja, bukan?

Namun, syukurlah, terlindunginya semua produk KPR Rumah Perbankan oleh asuransi properti terbaik, menjadikan sebuah ilmu baru. Tentang bagaimana lembaga keuangan Perbankan bisa fasih mengelola resiko kreditnya, dari gagal bayar para nasabahnya, akibat musibah yang tak diharapkan atas properti KPR itu.

Wah, prinsip usaha itu terlalu berharga, bukan? Dan prinsip itu juga harus bisa dijalankan, untuk mendapatkan rumah pengganti yang layak, dengan harga yang  pas sesuai pendapatanku sekarang. Meski. Pilihan itu efektif membantu mengurangi dampak kerugian yang sudah hadir di depan mata.

Akhirnya, beruntung, sebuah rumah sitaan Bank, menjadi solusi bagiku, untuk menggenapi kebahagian mendapati rumah pengganti, yang benar-benar pas dikantong saat itu. Terlebih rumahnya bebas dari sengketa lahan bermasalah.

Dimana, dengan menimbang untung-rugi, jelas rumah sitaan Bank ternyata lebih murah, ketimbang rumah KPR.

Baca juga : Cara Memiliki Rumah Sitaan Bank, untuk wujudkan mimpi rumah barumu

Dan beruntungnya –lagi– aku mendapati rumah sitaan Bank yang memiliki masa coverage asuransi propertinya, yang sebentar lagi akan habis. Jadi diriku hanya meneruskan saja masa berlakunya itu pada agen asuransinya, atau mengganti agen polisnya dengan agen asuransi properti pilihan kita.

Ilustrasi memilih KPR rumah, yang memilihkan fasilitas asuransi properti terbaik MPM
Ilustrasi memilih KPR rumah, yang memilihkan fasilitas asuransi properti terbaik MPM I Dokpri

Nah, dari pengalaman memperpanjang asuransi properti secara mandiri dari rumah sitaan Bank, juga  akan menjadi pengalaman yang jua berharga lagi, bukan?

Oleh sebab itu, belajar dari pengalaman ber-KPR, lagi-lagi rasanya mau tidak mau, perlindungan asuransi properti juga mutlak harus didapatkan!

Meski rumah sitaan Bank yang baru saja kumiliki, bergaya sederhana dan terletak di pemukiman padat penduduk. Namun rasanya lega meninggalnya, kala berhasil menggenggam polis asuransi properti itu.

Nah, setelah 8 tahun berjalan mencicil KPR, dan akhirnya sah memiliki rumah KPR itu.

Sejumlah passive income yang nyata dari rumah KPR lalu itu pun mulai mengalir, dan akhirnya membantuku membiayai pembangunan rumah idaman kami, ya rumah sitaan Bank itu yang awalnya sederhana, dan terjangkau, menjadi lebih baik lagi.

Dari pencapaian tadi, ada hal yang menjadi nilai terbaik bagiku, yakni keyakinan jika pengelolaan risiko terhadap aset yang kita andalkan dan sayangi akan menjadi mutlak harus tersedia, yakni salah-satunya asuransi properti bagi rumah sendiri.

Ah, beruntungnya ya diriku telah mampu menyelesaikan masalah pelik ber-KPR, yang dahulu kusadari belum memperdulikan, serta menghitung resiko pendapatan-pengeluaran secara rigid kala mengambilnya.

Namun, seiring waktu menjalaninya, menyesapi manfaat asuransi properti terbaik, bak solusi saja bagiku. Dimana niat hati –dahulu—hanya ingin membeli rumah satu unit saja,  malah rasanya kini mendapatkan gratis satu rumah lagi, yang saling melengkapi.

Bagaimana mendapatkan asuransi properti terbaik itu?

Membahas pengalamanku barusan untuk merasakan manfaat asuransi properti rasanya layak jua dibahas. Terlebih, data terbaru juga menyebutkan, jika masyarakat di Indonesia terlihat belumlah maksimal, untuk menyadari betul manfaat asuransi properti, atas properti yang mereka sayangi

Dalam survei Populix terbaru per Januari 2023, menyebutkan jika produk asuransi Properti masih  menjadi pilihan atau minat terakhir masyarakat kita.

Ini akan menjadikan sebuah tanya, mengenai inklusi asuransi properti kita yang masih rendah mengelola risiko atas aset properti yang kita miliki, dari musibah yang tak terduga di masa depannya.

Terlebih lagi asuransi properti terbaik itu layak menjadikan pertimbangan atas tujuan komersial, atas properti yang kita miliki.

Apa itu asuransi Properti?

Asuransi Properti merupakan asuransi yang menjaminkan ganti rugi, jika saja terjadi kerusakan atau kerugian atas properti yang kita miliki akibat resiko yang tak terduga.

Singkatnya seperti peribahasa dulu ‘sedia payung sebelum hujan’ Produk ini menjadikan alat pelindung penyempurna atas tindakan preventif yang sudah/sedang kita lakukan, seperti tindakan berhati-hati, mengunci semua pintu rumah, membayar jasa pengaman hingga hadirnya aset mengoperasionalkan CCTV.

Jadi sederhanya, jika musibah ata resiko terjadi pada kita, asuransi properti terbaik yang kita pilih akan mengembalikan nilai properti itu yang rusak bahkan hilang, yang berdasar pada skema asuransi perusahaan asuransi.

Nah, asuransi rumah sendiri, menjadi salah satu jenis asuransi properti, yang khusus bertujuan melindungi hunian kita dari segala resiko ataupun musibah. Objek hunian yang bisa kita lindungi, bisa rumah tempat tinggal, rumah susun hingga apartemen.

Otoritas Jasa keuangan (OJK) mengelompokkan produk asuransi rumah menjadi dua produk kategori

  1. Polis Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI), yakni asuransi properti yang hanya melindungi resiko kebakaran dan tercantum dalam polis untuk properti atau beserta isi di dalamnya.
  2. Polis Asuransi Property All Risk, yakni asuransi yang melindungi resiko lebih kompleks lagi selain resiko kebakaran. Risiko lainnya, adalah pencurian serta bencana alam, dan jenis asuransi ini sering digunakan oleh Perbankan, memberikan fasilitas kredit KPR rumah sebagai tool pengelola risiko debiturnya jua.

Bagimana Menghitung manfaat asuransi properti?

Nilai Asuransi properti tentu akan mengacu  pada keseimbangan hak dan kewajiban dari nasabahnya. Menyeimbangkannya, para nasabah asuransi properti akan dibebankan kewajiban berupa premi asuransi yang harus dibayarkan berkala kepada agen asuransi.

Nah, dalam penghitungan premi asuransi akan dihitung oleh beberapa banyak faktor berikut :

1.  Suku Premi

OJK memiliki ketetapan atas suku premi yang berkisar 0,75% sampai 4,75 % untuk diberlakukan kepada nasabah asuransi properti. Atas dasar itulah, masing-masing perusahaan asuransi akan berpotensi menetapkan suku premi yang berbeda jua, karena nilai itu akan mudah dipicu dari kualitas konstruksi bangunana properti serta zona wilayah properti yang kita miliki.

2. Intensitas pemakaian properti

Faktor ini juga mempengaruhi dalam penghitungan manfaat asuransi, dimana dengan penggunaan properti yang tinggi tentu akan mudah mengurangi resiko kerusakan/kerugian yang berpotensi seperti pencurian.

3. Lokasi dan keadaan sekitar kawasan sekitar properti

Histori mengenai kawasan properti yang kita miliki, seperti banjir dan resiko kebakaran menjadi sebuah catatan penting dalam penentuan manfaat asuransi properti yang akan kita dapatkan. Oleh sebab itu pihak asuransi akan teliti menimbang faktor ini, untuk menyeimbangkan hak dan kewajiban kita di dalam polis asuransi properti kemudian.

Bagaimana Proses mendapatkan asuransi properti terbaik

Proses mendapatkan asuransi properti terbaik sederhana, Jika kita langsung menyetujui skema dari perusahaan asuransi, termasuk biaya premi yang harus kita bayarkan, Dan jika mendapatkan resiko kerugian atas musibah yang tak diharapkan, kita tinggal melanjutkan beberapa langkah selanjutnya

  1. Perusahaan asuransi akan mengadakan survei atas properti kita. Survei itu akan menimang seberapa besar resiko yang akan didapatkan.
  2. Klaim atas resiko itu juga mudah, kita hanya menunjukkan barang bukti pendukung atas terjadinya resiko tadi, seperti dokumentasi kerugiannya, nota pembelian propertinya, hingga rekaman CCTV.
  3. Terakhir, pihak asuransi akan berikan kompensasi pertanggungan sesuai dengan klaim properti yang rusak/hilang yang tercantum pada polis asuransi.

Asuransi properti MPM jajakan kemudahan genapi kebahagian rumah sendiri

PT Asuransi Mitra pelindung Mustika (MPM) menjadi salah satu perusahaan Asuransi terbaik dan terpercaya yang menjajakan kemudahan mendapat perlindungan kerugian atas properti kita.

Kemudahan itu dapat kita temukan dengan kedekatan komunikasi yang dapat terbangun diantara pihak asuransi MPM dan juga nasabahnya. Apa saja itu?

Logo asuransi terbaik MPM
Logo asuransi terbaik MPM

1.  Kantor offline cabang MPM massif hadir di Nusantara

Kantor cabang MPM kini berjumlah 16 kantor cabang, yang bisa kita datangi untuk menjalani konsultasi mengenai layanan asuransi properti terbaiknya secara offline, baik jenis produk PSAKI dan juga all risk. Kedekatan ini, tentu akan mudah menciptakan rasa percaya, atas hak yang didapatkan ketika melakukan klaim asuransi.

2. Kantor online MPM hadir dimana saja!

Kanal situs MPM juga menjadikan sebuah pintu masuk mudah bagi calon dan juga nasabah asuransi MPM untuk dapat berinteraksi kapan saja! Mulai interaksi promo produk asuransi terbaru, pendaftaran asuransi properti online, hingga proses klaim asuransinya bagi nasabahnya.

3.  Customer Service yang siap melayani nasabahnya

Nah, terakhir hadirnya fasilitas nomor WhatsApp 0811-1588-676 juga bisa menjadi alternatif kilat, untuk mendapatkan seputar informasi asuransi properti terbaik MPM lebih dalam lagi.

Lewat jalur cahtting, ragam informasi lekas kita dapatkan segera, dengan sekali klik menunjuk link URL yang hadir dalam chatingannya. Ragam pengaduan atas layanan MPM juga bisa dikerjakan mudah lewat e-mail pengaduan@mpm-insurance.com.

Menjadi bahagia ber-KPR itu mudah, lewat asuransi properti terbaik MPM!

Rumah impian, menggenapinya dengan fasilitas asuransi properti MPM
Rumah impian, menggenapinya dengan fasilitas asuransi properti MPM I Dokpri

Bagiku menyadari jika benar segala macam aktivitas kehidupan pasti terdapat resiko merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, bukan? Terlebih menggapai kebahagian guna memiliki rumah sendiri, yang pasti sangat dinanti di dalam rentang usia kita.

Lantas, apakah langkah itu hanya terhenti di sana, dengan hanya mampu menyadarinya saja? Tanpa langkah mampu mengeksekusi membuktikan rasa sayang melindungi apa yang akan, sedang dan sudah kita miliki?

Nah, menemukan kebahagian memiliki rumah sendiri, bisa kita mulai dengan pengelolaan resiko ber-asuransi properti terbaik di MPM saja sekarang juga! Yuk mulai jadi bahagia sekarang juga!

Tiga Artikel Wadai paling Populer, Yuk Klik-in!

error: Content is protected !!