Pantaskah Marah Gegera Dikatain Otak Udang? Eh Ini Faktanya!

Nah, para peneliti, menemukan wujud otak udang yang berbentuk seperti jamur, yang bahkan mirip seperti yang serangga miliki. Malah otak udang juga terdapat pusat memori dan kemampuan mempelajari sesuatu.


Emosi kadang membuat kita mudah memuntahkan banyak kata, yang bisa membuat orang mendengarnya  menjadi murka. Salah satunya ucapan otak udang, yang sering tersembur dari ucapan orang lain, atau –bahkan—kita sendiri.

Eh, Pernahkah dikatai otak udang, dan lantas kita pasrah marah-marah gitu?

Ah, wajarlah, jika otak udang selalu saja diidentikan dengan orang bodoh ya? Hal itu bisa saja merujuk pada anggapan awam, jika udang –memang- tidak punya otak?

Nah, secara kasat mata, bisa jadi terlihat seperti apa sih wujud otaknya yang bisa kita buktikan sendiri. Namun baiknya lagi, kita harus menemukan bukti ilmiah, apakah benar, udang tak punya otak? Atau –malah- sebaliknya! Cek, cek yuk!

Bagi kamu mantan anak IPA, pastilah akan mengerti karena sedikit banyak sudah mempelajari! Iya, jika udang adalah bagian kelompok Crutacea, yakni kelompok udang-udangan bentuknya bungkuk, dimana bagian kepala dan dada menyatu. Perhatikan saja sendiri yuk!

Jika diamati lebih mendalam lagi, bagian tubuh udang terdapat –seperti– kerangka internal, seperti layaknya hewan mamalia? Meski nyatanya, udang termasuk hewan invertebrata, alias hewan yang tidak memiliki tulang punggung. Namun, –terpenting- udang itu ternyata memiliki sisitem saraf dan otak lho?

University of Washington dalam situsnya memberikan penjelasan detail, jika otak udang memang memiliki ukuran yang sangat kecil. Jika benar-benar mau tahu, ternyata otak udang itu terdapat di bagian belakang kepala yang sangat dekat dengan punggungnya.

Nah, ternyata ada hal menarik jua, jika hadirnya otak udang penting bagi survival udang di alam! Dimana pastilah, hadirnya otak pada udang,  memiliki peran mengasah keterampilan berburu dan mencari makanan, ya seperti hewan lainnya!

Berikut terdapat beberapa fakta tentang otak udang. Yuk cari tahu!


  1. Nah, ternyata otaknya yang sekecil itu, memiliki peran pengatur utama pada sisitem saraf pusatnya. Otak udang terdiri, atas kelompok sel saraf, yang disebut ganglia. Nah Ganglia ini terdapat pada bagian belakang atau punggung sisi kepadanya.
  2. Seperti manusia yang punya tali saraf, pada udang ini, terlihat tidak tertutup dan malah terbelah menjadi dua. Bentuknya panjang yang menurun, dari otak ke bagian perut, serta terlihat pada sisi ventral tubuh udang.
  3. Fungsi saraf udang yang bercabang dengan tali saraf itu membantu mengumpulkan berbagai informasi dari organ sensorik. Seperti reseptor penciuman yang dapat mendeteksi feromon, serat pelapis kaki, guna mengenali kondisi lingkungannya, serta organ sensorik pada punggungnya.
  4. Cara kerjanya, ketika organ sensorik memberikan informasi. Sistem saraf udang, bakal menyebarkan informasi tadi, ke berbagai sel lainnya. Udang memaksimalkan homon serta neurotransmitter sejenis  senyawa pengirim pesan, berguna untuk salinng berkomunikasi.
  5. Terpenting, udang ternyata menggunakan otaknya itu, guna mnenagkap rangsangan, yang hadir dari lingkungannya. Seperti hadirnya getaran, senyawa kimi, serta gerakan air.

Lanjut baca, klik halaman selanjutnya ya!

error: Content is protected !!