Rugi Atau Malah Untung Sih Punya OPPO Reno 10x Zoom?

OPPO Reno 10x Zoom

Ha-pe, ha-pe apa yang ada sirip Hiu-nya?

Candaan tadi memang lucu sih, terdengar. Masa’ iya ada Handphone yang punya sirip seperti hiu? 

Namun ketika saya intip dari dekat memang mirip sih seperti ada sirip-siripnya. Penampakan itu terasa, ketika Smartphone Oppo Reno 10xZoom mengeluarkan kamera depan yang dikenal pivot-rising 16 MP, ketika diajak ber-selfian.

Hasil gambarnya, aduhai sempurna!

Penampakan sirip ikan hiu itu | Instagram @OPPO

Sepertinya acara OPPO Reno : ZOOM-INDONESIA– 10x Wonderful Journey,  yang diadakan di berbagai kota di Indonesia, sudah berhasil menunjukkan OPPO Reno 10xZoom, tentang apa-apa yang saya lihat di iklan Teve-teve soal Smartphone ini.

Tapi, beruntungnya lagi, bukan sekedar memamerkan kekayaan spesifikasi OPPO Reno 10xZoom saja sih.

Dalam acara yang di gelar di Balikpapan Plaza, sabtu (20/7) lalu itu juga diselipkan Workshop Fotografi oleh Bang Novem. Doi’ ini sering kali memajangkan hasil jepretannya di akun Instagram @Novemlawalata.

Hah, dengan speks kamera yang terselip di Smartphone yang canggih itu, ditambah pula dengan pengambilan gambar yang benar ala-ala Fotografer handal. Bisa dibayangkan bagaimana hasil fotonya kan? Aseli pasti Fotonya keren!

Terus, sepintas jika saya pandang, wujud Reno 10xZoom ini sangat prestige sekali kok. Saya lihat Ponsel OPPO Reno 10xZoom ini layarnya OLED berukuran 6.6 inchi dengan resolusi HD+. Dan si layarnya dilindungi dengan Gorilla Glass 6.

Saya bolak-balik lagi, Smartphone ini tetap saja menarik! Sesekali saya membandingkan dengan Smartphone milik saya di balik tas saya, dan bertanya apa saja sih persamaannya?

Nah dalam acara itu, saya tidak sendirian lho, ada banyak peserta Workshop, yang datang dari latar belakang Blogger dan Youtuber. Saya yakin, ada persamaan tujuan mengapa kami datang ke acara OPPO ini kan?

Selain ingin berkenalan dengan si OPPO Reno 10xZoom ini dari dekat, bisa menyambil menimba ilmu dari pakar Fotografi bang Novem, untuk bisa menambahkan foto-foto dari media Blog kami, biar tambah keren.

Nah jika kita sama-sama ingin belajar moto’ yang benar dan menghasilkan gambar yang keren seperi Bang Novem. Dibaca aja terus tulisan ini ya!

Kesan pertama meyakinkan, selanjutnya?

Di tempat acara saya terus menggali dan mencari tahu, fitur apalagi yang dibanggakan selain karakter sirip hiu yang nongol kala ber-selfie ria itu.

Ternyata tidak main-main, di dalam Smartphone OPPO Reno 10xZoom ini tersemat pula, Prossesor Snapdragon 855, ditambah dengan kekuatan Batrai-nya itu berdaya 4.065 mAh dengan fitur VOOC 3.0 lagi’.

Terus yang buat ngeri’  RAM-nya 8 GB serta ROM-nya 256 GB.

Itu saja? Adalagi fitur lain seperti NFC, USB Type C, fitur Game Boost 2.0, HI Res audio, asisten Digital Breno dan sensor sidik jari di layarnya.

Pertanyaannya, mau buat apa sih Speks sesempurna itu? Main game berat, atau nonton Youtube, atau bermedia sosial seharian? Ah itu bisa saja kerjaan standart?

Namun dengan kecepatan dan keleluasaan Memori-nya yang besar, tentu saja banyak aplikasi penting yang kita bisa sematkan dan dapat berjalan multitasking dengan mulus kaya’ jalan Tol.

Jika hal tadi masih kita anggap standart-standar aja. Kita balik aja lagi, dan melihat dekat pada Kamera OPPO Reno 10xZoom ini, yang sepertinya menjadi kekuatan magic-nya.

Jika kita lihat di bagian belakangnya nih. Kamera belakang menawarkan kemampuan zoom-hybrid 10 kali. Bukan Cuma satu, terdapat tiga kamera sekaligus yang diletakkan berjajar ke bawah.

Spesifikasi Kamera OPPO Reno 10xZoom | @OPPOINDONESIA

Kamera utamanya berukuran 48 MP memiliki sensor IMX586. Kamera kedua yakni,  wide-angle 8MP. Nah kamera yang ketiga mengusung sistem periskop berukuran 13 MP.

Nah setiap kamera tadi pasti memiliki kerja yang saling melengkapi dalam menghasilkan gambar yang kita inginkan. Ya minimal seperti karya foto-foto Bang Novem deh, yang kita bisa nikmati di Instagram miliknya -coba saja Follow akunnya!-

Mendapati fakta itu, tentu saja pikiran saya melayang soal berapa sih harga Smartphone ini –kita pasti sama, mempertanyakannya-kan?-

Ya ampun, ketika tanya-tanya harga OPPO Reno 10xZoom ini, jatuh pada kisarannya Rp 13 Jutaan -Rp 12.999.000-

Meski ada cash-back dalam pembeliannya pada saat itu, jatuhnya pasti mahal juga kan? –bagi saya lho-

Bisa dilihat dulu harganya kak… | @oppoindonesia

Kesan pertama soal speksnya sih oke! Selanjutnya soal harga, ya terserah anda! –kayak iklan saja-

Eh Rp 13-Jutaan, untung apa rugi sih!

Baiklah, kami sedang duduk manis dulu nih, mendengar sessi sharing materi Fotografi dari Bang Novem. Biasanya yang kita tahu, jika fotografer itu pegangannya kamera yang gede’-gede dengan Tele yang harganya mahal.

Tapi Bang Novel mah gitu, dia hanya mengeluarkan Smartphone OPPO Reno 10xZoom dari balik saku baju miliknya. Smartphone berwarna hitam itu lalu dia tunjukkan kepada kami, dan berkata jika Smartphone-nya itu sering dia gunakan dalam mengambil foto-foto keren.

ZOOM-INDONESIA-- 10x Wonderful Journey
Bang Novem lagi asik sharing ilmu foto sambil pegangin Smartphone OPPO Reno 10xZoom-nya I Aal Arbi -wadai

Ada beberapa foto yang ia tunjukkan yang diambil di sekitaran pantai Di Balikpapan, Kampung Nelayan dan juga foto Bunga yang ia jumpai di sekitar penginapannya.

Dalam sample foto yang ia tunjukkan itu, terlihat jelas gambar dengan pencahayaan yang baik. Dan terpenting adalah point of interest yang ingin dipamerkan dalam Foto tadi.

Dalam foto landskape panorama laut dan juga objek bunga, dia ingin menunjukkan fungsi 10xZoom pada Smarphone-nya itu berjalan baik.

Dengan fungsi 10xZoom, dia bisa bebas memilih dan menentukan besaran objek potonya. Hasilnya, dalam jepretannya itu, dia bisa mendapatkan foto dengan resolusi besar yang menangkap lebih lebar, karena kamera wide-angle bekerja sangat baik.

Ini salah satu karya foto Bang Novem menggunakan Smartphone OPPO Reno 10xZoom | @novemlawalata

Sehingga Foto hasil jepretannya via Smartphone tak kalah buas dengan hasil kamera DSLR. Dengan hasil yang luas tentu saja, akan banyak objek yang bisa disertakan di dalamnya.

Seperti jika, kita hendak membidik point of interest sebuah kapal di lautan, dengan wide-angle kita juga bisa mendapatkan pula gambar pulau, burung, awan, dan pohon mangrove yang bisa tertangkap bersamaan.

Foto yang kecil bisa gampang dibuat dan layak dipandang! Dengan pembesaran 10xzoom, Bang Novem membuktikan gambar bunga kecil yang indah semakin menarik.

Padahal katanya di sekitar objek bunga tadi terdapat objek tidak layak seperti sampah yang berserakan. Dan dia hanya fokus pada bunganya saja, dengan menyesuaikan fungsi Zoom yang layak hingga 10x pembesaran.

Dua resep penting memoto via Smartphone ala-ala Bang Novem!

Nah ini penting! Ada dua resep memoto’ via Smartphone yang bisa kita copy-paste dari cara Bang Novem. Apa saja itu?

Pertama adalah penentuan point of intereset, soal ‘apa sih yang menarik dari objek yang ingin kita poto’.

Jika mau foto pohon di sekitar pantai dan kita akan jadikan poin menariknya, kita bisa letakkan gambar sebagai fokus dengan meletakkannya tidak melulu di tengah gambar. Geser saja sedikit menepi deh!

Hal itu menurutnya, agar ada added-value gambar lainnya yang ikut terpotret, entah tumbuhan lainnya yang ada di sekitarnya yang kita tidak duga menjadi poin menarik pula.

Kedua, faktor pencahayaan. Nah jika ingin memoto’ objek via Smartphone, pencahayaan baiknya dari samping, bukan dari arah depan apalagi belakang. Karena pasti akan menimbulkan efek bayangan.

Dan yang menjadi momok adalah, ketika mengambil foto pada malam hari yang minim pencahyaan.

Namun pengalamannya menggunakan Smartphoe OPPO Reno 10xZoom itu, faktor pencahayaan mudah sekali diatur otomatis.

Apalagi pada malam hari, tapi jangan khawatir ada fitur Ultra Night Mode 2.0 yang membuat gambar pada malam hari lebih baik.

Percaya atau tidak kehebatan kamera OPPO Reno?

Nah, sudah waktunya saya ingin menjajal sendiri saja, kemampuan si OPPO Reno 10xZoom ini deh.

Nah di depan saya, ada Baliho dengan tulisan Reno. Jika yang belum tahu, Reno adalah akronim dari Creativity and Innovation. Nah dalan setiap kata Reno ada space yang diisi objek miniatur yang menarik.

Jepretan pertama dengan landskape, 10xZoom memberikan efek yang baik | Aal Arbi-wadai

Pekerjaan rumahnya adalah, bagaimana Smartphone OPPO Reno 10xZoom ini bisa menangkap objek kecil tadi dengan angle yang menarik.

Baiklah, saya mencoba dua kali jepretan. Jepretan pertama saya mencoba saya ambil landskape, dan lihatlah wide-angle sangat nampak menyapu objek lain yang mnyempurnakan point of interest yang saya maksud -motor-

Jepretan kedua, saya ambil dalam posisi potrait, dimana pencahayaan bisa terlihat baik dan juga objek-nya bisa terlihat menjadi hidup – Ah karena ini hasil jepretan saya, ya saya hanya berhak berkomen apa saja kan? Hihi..-

ZOOM-INDONESIA-- 10x Wonderful Journey
Saya mencoba mengambil potrait, duh pencahayaannya lumayaan kan? | Aal Arby-wadai

Jadi rugi atau tambah untung nih, punya OPPO-Reno 10xZoom?

Memandang sekali lagi jepretan yang saya hasilkan, khayalan saya langsung saja membuncah. Jepretan dengan wide-angle tentu saja memberikan banyak keuntungan.

Semisal pada foto landskape pemandangan, dengan resolusi tinggi foto ini, menjadi tidak masalah untuk saya crop foto-foto yang tertangkap di dalamnya.

Seperti foto pantai dengan kapal tanker di lautan, dengan wide-angle, saya bisa crop bagian kapal nelayan, burung yang terbang, awan matahari lalu pulau kecil yang pulak tertangkap.

Gambar-gambar kecil tadi bisa dijadikan foto cartoon yang menarik dan dipajang dalam bentuk video ataupun poster yang menarik, setelah diedit di dalam software leptop.

Dan tentu saja, bayangan saya untuk menghasilkan infografis pada Blog-tulisan saya, akan menjai mudah-kan?

Semua gambar akan terjamin orisinil, yang terbawa dari hasil jepretan asli Smartphone ini.

Sampai pada alasan ini, saya pikir bisa jadi daya tawar yang tinggi untuk Smartphone berharga Rp 13 jutaan ini kan?

Jika masih berfikir untung apa rugi ya? Boleh deh saya bantu berhitung-hitung kembali. Caranya ya dengan membandingkan hasil jepretan Bang Novem tadi dengan kamera DSLR dan Smartphone OPPO 10Xzoom ini.

Jika hasilnya sebelas-duabelas, jelas tool kamera untuk menghasilkan foto, menggunakan Smartphone OPPO Reno menjadi lebih murah dengan Smartphone kita saja.

Bonus lain yang kita dapat, kita tidak perlu mengangkat tas ransel berat-berat yang berisi kamera beserta para lensa-nya itu.

Kita hanya cukup menyelipkan di saku jaket atau bagian pakaian yang aman, dan tenang untuk membidik objek yang mau.

Hitungan-hitungan itu bisa jadi membuat kita malah untung, untuk menggunakan Smartphone OPPO Reno 10xZoom ini kan?

Untuk harga Rp 13 jutaan dengan produktivitas yang tinggi kenapa masih mikir ya? Ah pertanyaan ini yang pasti buat diri saya sendiri kok! Tapi jika kalian sudah memiliki jawaban yes untuk memiliki OPPO Reno, ya selamat deh.

ZOOM-INDONESIA-- 10x Wonderful Journey
Saya ikutan pose cantik ah di balik kata Reno, semoga saya juga ketularan menjadi kreatif dan selalu berinovasi | Aal Arbi-wadai

Yang pasti saya pribadi pasti akan mulai terpacu untuk terus rajin menabung, baik hati dan tidak sombong untuk segera memiliki Smartphone  OPPO Reno 10x Zoom ini!

Tinggalkan Balasan