Tak kenal Saham Blue Chip, Maka Tak Sayang

Nah order saja melalui aplikasi, lantas saham blue chip menjadi milik kita. Kita bisa menggenggamnya dalam jangka waktu lama, atau dijual saja dengan ragam pertimbangan. Terlebih harganya saat ini, yang melambung tinggi


Istilah Blue Chip kini jadi tren ya? Blue Chip adalah saham unggulan yang banyak digandrungi investor saham, ya dikarenakan pergerakan nilainya yang relatif stabil.

Mengenali ciri-ciri Blue Chip susah-susah gampang sih. Meski Saham Blue Chip sendiri dikenal dengan saham lapis satu, dimana dengan predikat itu membuat nilai kapitalisasi pasarnya sangat luas, dan mampu mendorong nilai indeks harga saham gabungan.

Investopedia, menyebut muasal istilah Blue Chip berasal dari permainan poker. Cip judi mewakili setiap nilai dolar Amerika Serikat yang ditunjukkan lewat perbedaan warnanya. Misalkan Chip putih, hanya mewakili  US$ 1 per satu cipnya.  Cip merah US$ 5, nah cip biru memiliki nilai yang tertinggi.

Ilustrasi fluktuasi saham
Ilustrasi fluktuasi saham I Pexels.com

Lantas filosofi itulah yang dikenalkan  oleh Oliver Gingogold pada 1923 di dunia persahaman. Dia ingin menunjukkan jika terdapat tren, jika saham di atas US$ 200 per saham, akan selalu menarik minat investor.

Nah, jadilah sebuah pengenalan mengenai istilah Blue Chip dengan saham yang bernilai paling tinggi dibandingkan dengan saham lainnya.

Namun saham ini, tidak selalu bersifat melekatkan label dengan nilai harga yang paling tinggi saja. Namun jua melekatkan brand pada saham perusahaannya yang berkualitas tinggi dan telah teruji oleh rentang waktu yang lama, menunjukkan kinerja yang stabil dan profit.

Ciri-ciri saham Blue Chip, apa?

1. Harga saham mahal

Jangan ditanya, kebanyakan saham blue chip itu mahal. Kemahalan itu sebanding saja dengan keuntungan investor yang memilihmya, misalkan saja pembagian devidennya yang konsisten tiap tahun. Harga Blue Chip juga stabil, hal tersbut dikarenakan hadirnya kinerja yang baik  dari perusahaan yang menebar saham blue chip ini.

2. Nilai Kapitalisasi pasar tinggi

Blue Chip, dikenal dengan saham lapis satu, dengan jenis saham yan memiliki kapitalisasi pasar besar di atas Rp 10 Trilliun!

3. Perusahaan dengan pengalaman teruji

Blue Chip merupakan pemimpin pasar di sektor industrinya, dikarenakan jam terbang operasionalnya yang tinggi, dan menghasilkan laba yang berlimpah. Hal itu membuat bisnisnya mampu berjalan baik dan sangat berkembang pesat.

Lanjut baca klik nomor halaman!

error: Content is protected !!