Potensi Apa Sih Dari Sebilah Bambu, Hayooo? Yang Pasti Ada 3, Ini Dia!

Generasi Millenial, bisa jadi melihat aksi bambu ketika Agustusan, dimana banyak bilah-bilah bambu menjadi pernak-pernik dalam peringatan hari kemerdekaan RI.

Bambu memang sangat iconic sih, karena pejuang kita menggunakannya sebagai alat sederhana mengusir penjajah pada tempo doelo.

Namun seiring waktu, kini Bambu tidak selalu dikenal dengan tiang bendera, atau alat kerajinan tangan yang juga dipamerkan dalam berbagai acara bazar.

Lebih luas lagi, Bambu memiliki potensi untuk mendorong maju tingkat ekonomi Indonesia, ya lewat 3 potensinya untuk dikembangkan. Apa saja itu, teruskan membacanya ya

1. Potensi bahan baku Biochar

Biochar merupakan arang aktif yang dapat memanaskan sampah organik tanpa menggunakan oksigen.  Keistimewaannya, ialaha panas yang dihasilkan oleh Biochar dapat bertahan di dalam tanah selama ribuan tahun. Dan hal tadi berpengaruh postif mengurangi pencemaran lingkungan pertanian, dan menyuburkan tanah.

Penelitiannya terus dilakukan, dan telah dimulai November 2017 yang dimotori oleh konsorsium yang dimotori oleh Fakultas Pertanian UGM. Ini kabar baik, untuk menunggu realisasinya kan?

2. Alternatif pembuatan Biofuel

Para peneliti dari Universitas RMIT Australia dan CIFOR, sebelumnya, telah mencoba memanfaatkan potensi bambu sebagai Biofuel.

Lalu, meneruskan penelitian itu, Clean Power Indonesia (CPI) telah mengaplikasikan bambu sebagai sumber bio-energi yang baik di Indonesia.

Sudah dibuktikan dengan hadirnya pilot proyek pembangkit listrik tenaga bambu yang ada di pulau-pulau terluar Mentawai, yang telah mengalirkan listrik ke 1200 rumah tangga.

Artinya, suatu hari nanti bisa saja, Bambu menjadi alternatif sebagai pengganti bahan bakar pengganti BBM yangs emakin menipis ketersediaannya.

3. Sebagai pupuk penyubur tanah

Ilustrasi Bambu

Amerika Utara telah menjadi segmen pasar untuk biochar, disanalah produk itu  digunakan untuk mengolah tanah pertanian dengan hasil bumi yang melimpah.

Meski, di Asia-Pasifik diperkirakan masih sendang tumbuh dalam pengembangan dan pengenalan potensi itu.

Namun dengan luas lahan pertanian yang luas di Indonesia, produk Biochar bakal bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan menjadi tantangan untuk segera ditaklukkan ya!

Biochar, dikatakan sebagai pelengkap yang baik sebagai pengomposan konvesional dalam pengolahan tanah organik. Kombinasi perbaikan struktur tanah yang tahan lama dan siklus nutrisi yang kaya bersifat postif bagi tanah.

Sudah baca artikel ini, belum?

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!