Yuk Kita Gosipin Bakso Yang Nda’ Ada Matinya Itu!

Sedia bakso sebelum hujan! pepatah yang bisa menjadi alasan untuk menikmati bakso di mana saja dan kapan sajah!

Ahhh, sekali-kali kita gosipin Bakso yok, tapi bukan mamang Baksonya lho ya –nanti saya Ge’er–

Iya tentu Bakso, hidangan makanan yang ada olahan daging yang berbentuk bulat itu yang terendam dalam kuah gurih bersama mie kuning dan mie putih di dalamnya.

Ketika disajikan panas-panas, kita langsung bisa menambahkan saus dan kecap. Jika mau lebih menantang coba saja percikan beberapa sendok sambal ke dalamnya. Pasti maknyoss..

Semua pasti tahulah makanan ini, makanan yang bisa dibilang makanan ringan, bisa juga dibilang makanan berat. Ah, tergantung isi kantong saja menilainya. Bakso mah sudah populer di Indonesia, bisa-bisa penjualnya pun bisa ketularan populer, jika bisa menyajikan hidangannya menarik untuk disantap.

Jika kita lihat di sekeliling kota kita saja, banyak kali warung makan yang menyediakan menu bakso ini kan? Itu belum lagi, penjual bakso yang keliling menggunakan gerobak menjaja hidangan ini door to door. Dan sajian bebrpa menu bakso yang disajikan ada juga yang berbeda dan bisa menjadi kesukaan kita.

1. Bakso Malang

Nah, berbicara tentang Bakso, pastilah kita mengenal yang pertama adalah bakso malang. Menu bakso dengan nama bakso malang ini sering terpampang di mana saja kan?

photo : pergikuliner.com

Bakso Malang, ya tentu menu ini berasal dari malang. Mungkin karakter yang dibawa ke dalam menu ini tercipta di kota malang itu.

Biasanya bakso malang memasukkan karakter sayuran dan bihun putih ke dalamnya. Selain bakso yang ditawarkan berbentuk bakso urat yang sarat daging sapi. Ada juga tahu rebus, siomay rebus yang menemani beberapai bakso urat di dalam mangkuknya.

Semuanya disiram oleh kuah kaldu panas  nan lezat. Wah itu yang pasti saya dan kita suka kan?

2. Pentolan

Ah, ini juga menu yang sama dahsyatnya sih. Menu ini memang sangat merakyat kali, terbaik buat kamu yang suka pencitraan –hallaahh—

websta.org

Penjajanya adalah pedagang kakli lima yang bisanya menggunakan sepeda mengitari jalanan kota. Menu ini biasnya sering nongkrong di halaman sekolah dasar dan acara acara pasar malam gitu.

Pentolan dibuat dari campuran tepung dan daging, bisa daging ayam juga daging sapi dan dibentuk layaknya bakso berukuran kelereng.

Ya komposisinya lebih banyak tepung sih, namannya juga jajanan anak-anak. Ah, namun biarpun target menu ini buat anak-anak karena harganya terjangkau, tetap saja orang dewasa bahkan tua sigap menyantap pentolan yang berbaris rapi tertusuk oleh lidi.

Nah menikmatinya lebih gampang kali, kita bisa langsng mencelupkannya ke adonan bumbunya dua atau tiga kali dengan menekannya ke bawah. Bumbunya biasanya bumbu kacang atau saus. Kenikmatan sajian ini, ya tentu saja bernyawa pada bumbu yang ditawarkan pak le’ pentolnya.

3. Bakso Aci

Ini juga asik menikmatinya buat bunuh waktu, bukan bunuh diri ya. Baso aci itu kenyal teksturnya karena terbuat dari tepung tapioka, tapi –maaf—kebanyakan tidak memasukkan campuran daging ke dalamnya. Nah, bola-bola baso aci tdi biasanya diberi cita rasa pada isian di dalamnya.

jajanbaso.com

Ada yang berisi cabai rawit, keju sampai sayuran. Lalu bola bola tadi disiram kaldu gurih dengan taburan daun bawang. Terkadang ada ceker ayamnya juga dalam porsi mangkuknya.

Dan tentu saja, sajian ini tak lengkap jika tak disajikan dengan sambal yang pedas biar garang. Tapi secukupnya ya, takut saja perutnya menjadi atit!

4. Baso Krikil

Inilagi nah sajian yang menyaingi menu pentolan. Karena ukurannya yang mungil. Biasnaya seporsi Baso kerikil ditambahkan dengan mi kuning, ada bihun, tahu goreng dan taburan bawang oyeng.

jajanbaso.com

Dengan tampilan itu, tentu saja baso kerikil akan pas buat kita yang berkantong tipis yang pas hari itu mengidam bakso Malang . Meski begitu, kedahsayatan rasanyanya juga akan mewakili baso malang kan? Bayangin aja sendiri jika ogah langsung membeli !

5. Bakso Solo

Baso solo jua ngehit seperti Baso Malang. Baso solo kita menyajikan butiran basonya yang lembut dan berteksur kasar dan kenyal. Kuahnya itu, biasanya keruh karena limpahan kaldu daging dan bumbu spesial wong Solo.

idntimes

Terus rasanya itu, anu ya enak kayak bakso. Sajiannya tergolong sederhana sih, ada mi kuning, bihun terus taburan seledri dan bawang goreng. Tentu saja namanya bakso jangan lupa pakai saus dan kecap serta sambal biar kenikmatannya tidak akan kita dustakan setelah menyantapnya.

6. Baso Bakar

Ini nah menu yang lagi populer juga sebagai jajanan pembunuh waktu luang yang efektive dan efisien. Baso urat yang kaya daging itu ditusuk lidi dan dibakar seperti sate.

dapur.website

Olesan kecap dan saus di atas basonya tentu membuat aromanya menggoda kita untuk segera mencelupkannya ke delam bumbu kacang atau saus rahasia pak le’ nya setelah permukaan pentolnya hitam terbakar.

Satu atau dua tusuk baso bakar bisa menjadi pandangan pertama kita untuk memulai tusukan ketiga dan seterusnya untuk dinikmati. Coba Saja!

7. Cuanki

Orang bandung mah paham menu ini, saya loh yang orang India saja ngerti! Samalah seperti baso malang, namun baso Cuanki juga berisi tahu aci, siomay dan pangsit goreng. Terus bedanya lagi, ukuran basonya lebih kecil ketimbang baso malang.

Karakter Cuanki adalah penyajian baso acinya yang direbus dahulu bersama saus dan bumbunya hingga menggembang, lalu deh dinikmati seperti biasanya.

dapur.website

Nah, menggosip bakso saat ini tentu membuat mimpi dan khayalan di benak kita buat Lunch atau dinner hari ini kan?

Eh Bakso jenis mana yang menjadi kesukaan kita buat dinikmati saat ini ya? Ah, biarkan  hanya Tuhan dan dirimu saja yang tahu, saya tidak akan membujuk deh.

Photo Headline : adobe stock

Bacaj Juga Artikel Terbaru Wadai

Sudah baca artikel ini, belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.