Usaha Rumahan ala Tokopedia
Rumput tetangga memanglah lebih hijau ya? Pameo rasanya tepat, jika sekelebat melihat sosok siapa saja yang sedang menjalani usaha sendiri. Ya meskipun usaha bermodal kecil, hanya di rumah saja, sekalipun.
Pemandangan itu, juga pelak membuat kita ingin lekas alih karir saja dari rutinitas yang kita geluti saat ini, yang beralasan pendapatan menjadi karyawan kecil.
Dan, ya memang tidak salah sih, jika kita beranggapan seperti itu. Terlebih kita mampu menjalani keduanya? Ya menjadi profesi sebagai karyawan dan juga profesi merintis usaha rumahan juga.
Namun, sadar atau tidak, ternyata menjalani usaha rumahan pun, tak semudah yang orang kira lho! Terlebih niatan membangung usaha rumahan itu, lagi-lagi terbentur dengan modal yang pas-pasan saja.
Bangun usaha rumahan ala Tokopedia Yuk!
Namun, bersyukurlah saat ini, banyak sekali platform belanja di kanal maya, yang bisa membantu menjual dagangan/jasa usaha rumahan dengan modal minim, dari rumah saja.
Kehadiran platform e-commerce itu, pastilah mudah menjadi celah, untuk alih profesi menjalani usaha rumahan ya di rumah saja. Pernahkah memiliki hasrat itu?
Tokopedia apakah kamu kenal? Platform belanja buatan anak bangsa ini, ternyata sudah banyak menghantarkan usaha rumahan, dengan modal minim naik kelas.
Tercatat sudah ada 12 juta penjual yang bergabung dengan Tokopedia, bersama menginvasi berkembangnya usaha kemana saja.
Namun harus diakui, untuk menggantungkan usaha rumahan lewat platform ini, pelaku UMKM juga harus memiliki strategi khusus, membangkitkan usaha sendiri lho.
Nah apa saja langkah strategi itu, yang harus dijalankan memulai usaha, dengan modal kecil ala Tokopedia itu sih? Mari tuntaskan saja bacanya ya!
1. Menentukan target pasar!
Penting untuk kita catat, apakah usaha yang rintis benar-benar punya target pasar atau pelanggan sih? Hal itu penting untuk memprofiling siapa saja yang berpotensi membutuhkan barang-barang yang kita jaja di sana.
Nah, untuk cara mudah menentukan taraget pasar usaha rumahan adalah, salah-satunya kita harus tahu dulu produk apa yang paling diminati di setiap platform belanja yang kita pilih.
Jika platform belanja itu Tokopedia, cara menentukan target pasar akan mudah saja dilakukan, dimana sang penjualnya bisa mengeksplore fitur wawasan pasar yang tersemat di aplikasi Tokopedia Seller.
Nah, di fitur itu, akan menyuguhkan kondisi pasar, ya termasuk produk yang paling laku, beserta kata kunci produk berdasar wilayah dan katagori produknya. Ini sangat membantu melempar produk kita!
2. Ketahui Profil calon pelanggan kita dengan seksama
Usaha rumahan memang juga perlu mengetahui profil calon pelanggan? Hal itu akan menjadi langkah mudah menentukan siapa saja sasaran tembak pelanggan produk usaha rumahan kita rintis.
Nah, Profil pelanggan yang dimaksud itu akan mencakup entitas umur, jenis kelamin, dan daerah domisilinya. Dan semuanya akan memudahkan penetuan strategin berjualan dari rumah dengan efektif.
Dan unutk menjalankan Profiling itu, masih juga kita bisa lakukan via fitur wawasan pembeli di aplikasi Tokopedia seller, jika kita berjualan di platform Tokopedia itu.
3. Promosi yang efektif dan efisien
Promosi juga menjadi amat penting menjaja jualan online? Dan hal itu akan mudah sekali dilakukan dengan hadirnya kanal media sosial yang gratis untuk terus dimaksimalkan. Tujuannya adalah, meningkatkan awarness usaha yang kita rintis, beserta produk yang dijajakan di e-commerce tadi.
Canya bagaimana melempar aksi promosi itu? Jika melihat tren saat ini, kita juga bisa lekas mengikutinya saja kok. Misalnya melancarkan konsep promosi yang ada di Tokopedia PLAY, seperti live video streaming yang bertujuan membangun interaksi dengan calon pelanggan kita.
Lantas, jangan lupa konsep yang bisa diselipkan dalam setiap live streaming kita terutama mengenai tutorial penggunaan produk usaha, hingga melemparkan kuis give-away yang bertujuan memantik interaksi atensi promosinya.
4. Menyediakan tim pengembangan bisnis usaha rumahan kita
Tim kecil pengembangan bisnis pasti sangat membantu mobilitas kita, dibandingkan hanya mengerjalannya sendirian saja.
Dengan tim ini, akan efektif salah-satunya menjadikannya admin. Dan bertugas menjalankan fitur admin toko di aplikasi Tokopedia seller, mengelola toko. Minimal menjadikannya CS, guna menjawab semua pertanyaan calon pelangan dengan cepat di hari-hari kerja.
5. Jangan lupa Iklan ya!
Dan hal yang penting jua adalah memajang iklan produk kita dengan massif kepada calon pelanggan. Nah, kita sebagai pengusaha rumahan bisa juga menggunakan fitur beriklan otomatis Top-ads.
Dengan langkah itu, memungkinkan produk kita melesat di halaman utama pencaraian Tokopedia, dengan harga iklan yang minim hanya Rp 250 per Klik, yang berpotensi memungkinkan para penjual mampu menjangkau banyak pembelinya.
Nah, itu tadi 5 Langkah Alih Profesi Usaha Rumahan ala Tokopedia, semoga dapat membantu kita yang ingin segera alih profesi si tahun ini, dengan ragam alasannya! Yuk dicoba!
Kredit Photo : pexels.com