Tiga Hal Menarik Tentang Microtargeting di Facebook

Microtargeting merupakan keberhasilan atas sebuah cara untuk menyampaikan pesan atau penawaran dengan mempersonifikasikan, kepastian angka impilkasi yang semunanya dipersembahkan kepada pihak lain yang potensial.


Istilah Microtargeting pernah mencuat di April 2018? Pada saat itu anggota konggres Amerika serikat mencecar sebanyak 100 pertanyaan kepada Mark Zuckerberg, sang pemilik Facebook.

Pertemuan itu dilakukan terkait lalainya Facebook menjaga data 50 juta data pribadi pemilik akun Facebook di sana. Dan ternyata berhasil dipergunakan oleh Cambridge Analytica, untuk tujuan hajatan politik memenangkan salah-satu kandidat Capres Amerika Serikat.

Mark sendiri sudah mengakui kelalaian itu, dan dia akan berjanji untuk bertanggung jawab atas miliaran pengguna aktif bulanan, yang kerap aktif membagikan informasi pribadi di sana.

Tahu gak? Jika ternyata data penting kita, sebagai pengguna Facebook menjadikan asset yang sangat berharga bagi Facebook. Singkatnya data-data kita, akan mampu dan mudah memanenkan cuan bagi mereka.

Lantas, Mark dalam pertemuan itu, menyebut terdapat dua data penting data pengguna Facebook yang sangat berharga itu.

Pertama adalah data umum, yang biasa diunggah sang pengguna sendiri, dan  kedua adalah data spesifik pemilik akun media sosial.

Ilustrasi laman Facebook
Ilustrasi laman Facebook I Pexels.com

Nah, data spesifik itulah yang harus mampu dikelola Facebook, mengimprovisasinya untuk menyajikan pengalaman beriklan menjadi kian lebih baik, relevan, dan juga mensyukseskan pebisnis siapa saja.

Dan ternyata wujud data spesifik itu salah satunnya yakni likes pengguna yang dihamburkan dalam setiap sajian postingan media sosial apa saja.

Sekilas bertanya kan, bagaimanan likes pengguna Facebook akan mudah menjadi candu bagi layanan media sosial itu kan?

Namun, ternyata dari hamburan likes kita itulah sudah memberikan nyawa terhadap aplikasi mikrotargeting yang dilakukan media sosial seperti Facebook, untuk meruap pundi-pundi sebanyak mungkin, lewat iklan spesifik yakni Microtargetng itu.

Cara kerjanya sederhana, likes yang kita klik atas postingan apas saja, secara otomatis dan akurat akan mudah memprediksi ‘higly sensitive personal attribute’ pengguna Facebook.

Lanjut baca klik nomor halaman!

error: Content is protected !!