wadahkata.ID- Astra, melalui Yayasan Astra dan PT Astra International Tbk – Lexus Sales Operation, menyelenggarakan executive sharing bertema “Company Culture to Enhance Business Sustainability” pada 2 Juli 2025, di Lexus Menteng Gallery, Jakarta.

Acara ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan mendorong penerapan budaya perusahaan yang berdampak pada perkembangan usaha bagi lebih dari 200 anggota advance club binaan Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra. Anggota advance club ini adalah UMKM mandiri yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan upaya Astra untuk memperkuat engagement dengan para anggota advance club, melanjutkan acara serupa di akhir tahun 2024 yang membahas navigasi perubahan bisnis.

Narasumber yang hadir adalah Erlan Krisnaring Cahyono (Vice President PT Astra Daihatsu Motor), Erwin Himawan (Chief Executive PT Astra International Tbk – Lexus Sales Operation), dan Isep Gojali (pemilik PT Sarandi Karya Nugraha, anggota advance club).

Mereka berbagi pengalaman tentang pentingnya membangun budaya perusahaan, cara penerapannya, dan korelasinya dengan employee engagement serta perkembangan perusahaan, termasuk best practice di perusahaan masing-masing.

Rahmat Samulo, Ketua Pengurus Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra, menekankan bahwa budaya perusahaan penting untuk menciptakan karyawan yang kompeten, produktivitas tinggi, identitas perusahaan yang kuat, serta manfaat jangka panjang bagi organisasi.

Ia berharap narasumber dapat memotivasi anggota advance club untuk menerapkan budaya perusahaan demi keberlanjutan bisnis mereka.

Erwin Himawan menambahkan bahwa executive sharing ini mencerminkan budaya Astra Group yang selalu memberikan yang terbaik, tumbuh bersama, dan bermanfaat bagi masyarakat. Lexus, khususnya, berkeyakinan bahwa kemewahan sejati terletak pada nilai-nilai seperti ketulusan, kolaborasi, dan omotenashi (keramahtamahan).

Ketua Pengurus Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra, Rahmat Samulo (kedua kanan)
saat menjelaskan beberapa produk binaannya yang dijadikan souvenir kepada para narasumber
executive sharing
Ketua Pengurus Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra, Rahmat Samulo (kedua kanan)
saat menjelaskan beberapa produk binaannya yang dijadikan souvenir kepada para narasumber
executive sharing I istimew
a

Lexus juga ingin menanamkan budaya kerja yang mengedepankan inovasi, keberlanjutan, dan kepedulian sosial.

Apa saja poin penting dalam acara Company Culture itu?

  • Tujuan Utama: Meningkatkan pemahaman dan penerapan budaya perusahaan yang berdampak pada pengembangan usaha anggota Advance Club binaan Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra.
  • Target Peserta: Lebih dari 200 anggota Advance Club yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Jabodetabek hingga Kalimantan dan NTT. Advance Club adalah binaan mandiri Yayasan Astra yang berperan sebagai ayah angkat/offtaker bagi UMKM lain.
  • Format Acara: Diselenggarakan secara hybrid pada 2 Juli 2025, menunjukkan adaptasi terhadap kondisi saat ini.
  • Pembicara Ahli:
    • Erlan Krisnaring Cahyono (Vice President PT Astra Daihatsu Motor)
    • Erwin Himawan (Chief Executive PT Astra International Tbk – Lexus Sales Operation)
    • Isep Gojali (Pemilik PT Sarandi Karya Nugraha, salah satu anggota Advance Club)
  • Materi Utama: Ketiga narasumber berbagi pengalaman dan perspektif mengenai:
    • Pentingnya membangun budaya perusahaan.
    • Cara membangun budaya perusahaan yang efektif.
    • Korelasi antara budaya perusahaan dan keterlibatan karyawan (employee engagement).
    • Studi kasus (best practice) penerapan budaya perusahaan di PT ADM, Lexus-Astra, dan PT Sarandi Karya Nugraha.
  • Pesan Kunci dari Yayasan Astra: Rahmat Samulo (Ketua Pengurus Yayasan Astra) menekankan bahwa budaya perusahaan penting untuk menciptakan karyawan kompeten, mendukung produktivitas, membentuk identitas perusahaan, serta membangun dan memelihara budaya positif jangka panjang.
  • Pesan Kunci dari Lexus-Astra: Erwin Himawan (Lexus) menyoroti semangat Astra Group untuk tumbuh bersama dan bermanfaat bagi masyarakat. Lexus meyakini “true luxury lies not only in products, but in values” seperti ketulusan, kolaborasi, dan omotenashi (keramahtamahan Jepang).
  • Komitmen Keberlanjutan: Lexus juga ingin menanamkan budaya kerja yang mengedepankan inovasi, keberlanjutan, dan kepedulian sosial, layaknya pohon rindang yang memberikan manfaat dan kesejukan.

Sekilas tentang Yayasan Astra

Yayasan Dharma Bhakti Astra Didirikan oleh William Soeryadjaya pada tahun 1980 dengan filosofi “Berikan Kail Bukan Ikan”, yayasan ini berkomitmen membangun bangsa melalui pembinaan UMKM (manufaktur, bengkel, kerajinan & kuliner, serta pertanian) agar UMKM naik kelas dan mandiri.

Hingga Desember 2024, Yayasan Astra telah membina 13.663 UMKM dan menyerap 75.451 tenaga kerja.

Sekilas tentang Lexus-Astra

PT Astra International Tbk – Lexus Sales Operation (Lexus Menteng Gallery) adalah dealer resmi Lexus yang memasarkan produk premium, termasuk model hibrida dan BEV.

Lexus berkomitmen pada amazing experience bagi pelanggan melalui layanan personal, program retensi, dan brand experience space “Immersion by Lexus” di Menara Astra.