Tiga Hal Menarik Tentang Microtargeting di Facebook

Atribute personal tadi termasuk adalah orientasi seksual, etnik, religi, dan atribusi pribadi lainnya yang mudah dibagikan pengguna media sosial seperti kita secara gratisan.

Nah, ini tiga hal penting Microtargeting yang harus kita ketahui itu!

1. Microtargeting akan membagi segmentasi masyarakat, untuk tujuan ekonomis

Aplikasi Mikrotargeting mudah saja menyajikan segmentasi masyarakat atas kelompok-kelompok, misalnya berdasar letak geografisnya dengan menggunakan kode pos pengguna.

Lantas, ya Facebook segera menyajikan tiga jenis Microtargeting kepada pengiklan potensial. Ketiganya yakni, core audience, custom audience, dan lookalike audience.

Sederhananya, ketiga jenis microtargeting tadi akan mudah berpotensi mengirim iklan produk atau jasa mereka secara spesifik untuk segmentasi masyarakat yang diinginkan pengiklan, bukan? Dan menjadikannya target pasar.

Misalkan saja, terdapat perusahaan rokok mau beriklan ke Facebook. Sang pengiklan akan diberikan ragam pilihan oleh media sosial, mengena data spesifik berupa pengguna khusus, perempuan atau laki-laki, berusia muda, suka merokok, dan data spesifik lainnya.

Nah microtargeting akan berhasil membuat produk iklan di media  sosial akan memiliki efektifitas daya jangkau, dan memiliki target spesifik sebagai bidikan pasar mereka.

ProPublika pernah menyebut terdapat 50ribu kategori unik microtargeting yang terdapat di Facebook lho!

2. Microtargeting membagi segmentasi masyarakat untuk tujuan politis

Lantas menyimak gaya Cambride Analytic yang menggunakan data-data sepsifik tadi pada tujuan politis, untuk memenangkan kontestasi Politik Donald Trump, menjadikan catatan penting lainnya.

Dimana Microtargeting juga berpotensi untuk dipergunakan untuk tujuan jahat dan berbahaya.

Terdapat kategori unik dalam Facebook yakni “etnic affinity groups’ dan ‘jew haters’. Nah jika saja ada sosok pengiklan siapa pun itu, membuat propaganda, mengenai agama A patut dibenci, lantas disebarkan pada agama B yang berlawanan.

Dan sebaliknya, sang pengiklan membuat iklan lainnya bagi agama B yang menyebut agama A jahat, maka microtargeting akan menjadi senjata yang sangat berbahaya dan sangat merusak bukan?

Dan masih banyak modus lainya yang kerap membuat dunia maya bergemuruh dan menularkannya ke dunia nyata.

3. Microtargeting adalah cuan web/aplikasi Maya

Namun sadar atau tidak, kita sebagai pengguna memang tidak sepenuhnya paham jika alasan-alasan microtargeting Facebook adalah cuan Facebook menghidupi operasionalnya.

Lanjut baca klik nomor halaman!

Tiga Artikel Wadai paling Populer, Yuk Klik-in!

error: Content is protected !!