Mobil listrik bekas kini makin membanjiri pasar mobil, seiring dengan peningkatan konsumen yang ingin memiliki kendaraan listrik.
Mobil listrik bekas menjadikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin mencoba pengalaman baru berkendaraan selain mengandalkan kendaraan konvensional saat ini
Terlebih, jenis mobil listrik atau dikenal Electric Vehicle (EV) menghadirkan variasi harga yang beragam, ramah lingkungan dan juga ramah di kantong masyarakat.
Hal ini ditegaskan Agung Iskandar, Direktur OLXmobil’ dalam sebuah diskusi bertema ‘Automotive Financing Opportunities’ di Jakarta, Jumat (24/01/2025)
“Kalau di pasar mobil bekas, siklusnya kendaraan roda empat setrum berumur dari tiga tahunan mulai dijual,” tegas Agung, yang dikutip dari Katadata.
Agung menyebut ada dua jenis mobil listrik bekas yang bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Mengingat EV, atau mobil listrik ini sudah terdengar lama hadir di Indonesia, bukan?
Ya jenis EV yang dimaksud adalah Wuling Air Ev serta atau Hyundai Ioniq 5. Jenis mobil listrik bekas Wuling Air Ev yang dikeluarkan tahun 2022 sangat mendominasi pilihan masyarakat Indonesia saat ini.
Hal itu dipicu oleh harganya yang semakin terjangkau dan beragam. Harga mobil listrik bekas diantara Rp 150 jutaan sampai dengan yang paling mahal seharga Rp 195 jutaan.
Harga itu menurutnya akan disesuaikan dengan tipe maupun kondisi ketika ditawarkan kepada calon pembelinya. Hal itulah yang membuat kita menjadi mudah menentukan pilihan dengan cepat.
Agung mengatakan bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil listrik, bisa juga mencoba pilihannya kepada Hyundai Ioniq 5 produksi 2022 yang dibanderol dengan harga Rp 500 jutaan.
Namun jika melihat soal harga, jenis Wuling air ev bisa menjadi sebuah pilihan tepat untuk lekas membawanya ke garasi mobil kita, bukan?
Sebelumnya, di pertengahan tahun 2022, jenis EV Wiling Air Ev sudah mengaspal di Indonesia, dan dijual dengan harga Rp 100 hingga Rp 300 juta saja, dan itu sudah unit baru.
Mengapa bisa semurah itu dibandingkan pesaingnya? Karena pabrikan Wuling sudah beroperasi di Cikarang, Jawa barat. Dan jenis EV ini diklaim sebagai mobil listrik murni pertama yang dibuat di dalam negeri.
Sementara Hyundai Ioniq 5 sudah diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia lebih dulu di awal 2021, lewat sematan teknologi E-GMP (Electric Global Modular Platform). Dengan tema tampilannya yang sangat futuristik akan mudah menggoda siapa pun pecinta mobil listrik domestik.
Meski setahun kemudian, Hyundai Ioniq 5 akhirnya membuat pabrikan di Cikarang Jawa Barat juga.
Berikut Harga Mobil Listrik BekasTerbaru Januari 2025
EV, atau kendaraan listrik diciptakan untuk agar ramah lingkungan ketika dikendarai mengawal aktivitas kita.
Karena EV, merupakan gaya hidup baru dan terkesan mahal, masih membuat harga mobil bekas listriknya pun masih mahal.
Namun jika dibandingkan dengan harga mobil listrik baru dengan harga yang melangit itu, tentu menjadikan pilihan kepada mobil bekas listrik sangat logis, bukan?
Nah, berdasarkan hasil pantauan Wadahkata.ID, di awal tahun, Selasa (7/1/2025) berikut ini deretan harga mobil listrik bekas yang dijajakan di bursa mobil bekas daring.
- Hyundai Ioniq 5 Prime Long Range 2023, Rp 589 juta
- Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range 2024, Rp 615 juta
- Hyundai Kona 2021, Rp 299 juta Wuling Air EV Standar Range 2022, Rp 149 juta
- Wuling Air EV Long Range 2023, Rp 165 juta
- Porsche Taycan 4S 2022, Rp 2.7 miliar
Dari ke-lima pilihan mobil listrik bekas tadi, yang menjadi catatan pentingnya adalah harga yang tertera akan bergantung pada kondisi baterai sebagai sumber tenaga utama.
Sehingga hal yang penting untuk dipastikan adalah kondisi baterai masih layak digunakan dengan baik.
Nah, dengan referensi itu, sekarang kita akan menjadi mudah tetapkan pilihan mana untuk membeli jenis mobil listrik bekas itu sekarang, bukan?